Hadapi PON 2020, KONI Matangkan Kesiapan Atlet dan Pelatih

Tanggal 03 Des 2019 - Laporan - 780 Views
Jajaran pengurus KONI Lampung saat Jumpa Pers di PKOR Wayhalim Bandarlampung.// Agung DW

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, KONI Provinsi Lampung akan mematangkan kesiapan para atlet dan pelatih.

Ketua Harian KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Lampung Hannibal menyebutkan hal itu dilakukan untuk mencapai target 10 besar PON XX.

"Tentu kita ingin Lampung bisa masuk 10 besar PON. Ini telah menjadi target nasional, tapi persiapannya harus matang," kata Hannibal saat jumpa pers di PKOR Wayhalim Bandarlampung, Selasa (3-12-2019).

Dia menjelaskan upaya yang dilakukan untuk kesiapan, para atlet harus sudah masuk Pelatda (Pemusatan Pelatihan Daerah) pada Januari mendatang.

"Ada sekitar 150an atlet yang akan kita persiapkan pada PON. Jadi Januari harus sudah masuk Pelatda, supaya persiapannya bagus. Apapun yang terjadi kita harus melaksanakan pelatda," terangnya.

Meski demikian, sebelum masuk pelatda, para atlet harus mengikut berbagai tes. Antara lain, tes fisik dan kesehatan.  "Ini juga akan sangat berperangarus. Karena itu kita pastikan, saat pelatda fisik mereka sudah bagus," ujarnya.

Kemudian, KONI juga akan memperbaiki teknik-teknik para atlet dengan mendatangkan pelatih nasional atau mengikutsertakan training camp.

"Bisa jadi akan mendatangkan pelatih nasional untuk memperbaiki tekniknya. Bisa juga kita ikutkan training camp  di luar provinsi," terangnya.

Sementara untuk kesiapan pelatih, Hannibal mengatakan KONI akan mengikutsertakan dalam sertifikasi kepelatihan. Sehingga, pada pelatih memiliki kemampuan dasar dalam mengatur jadwal latihan dan menghadapi para atlet.

"Jadi pelatih pun akan kita perbaiki. Sehingga, mereka punya kemampuan dasar. Bagaimana menyusun program latihan? Bagaimana menghadapi atlet bermasalah dan lainnya," terangnya.

Selain itu, guna mendukung pelatihan dan kesiapan para atlet, KONI juga menyiapkan klinik kesehatan. Karena dikhawatirkan saat menjalani latihan, para atlet akan mengalami cidera.

"Tenaga-tenaga medisnya memang kita siapkan khusus. Dokternya pun memang khusus dokter olahraga. Jadi intinya, kita harus menyiapkan para atlet dengan sebaik mungkin," terangnya.

Dengan berbagai program tersebut, KONI berharap prestasi olahraga Lampung di kancah bisa kembali berjaya. "Karena PON ini adalah untuk mengangkat harkat martabat daerah kita," ujarnya. (adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pesepakbola Putri Lampung Dipanggil ke Timnas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nabila Syisilia Divany pemain sepak bola ...


KONI Pringsewu akan Gelar Porkab Antardesa da ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesi ...


Persiapan PON, IPSI Lampung Agendakan Dua Kal ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (I ...


Ribuan Pelari Ikuti Water Day Run 2024 ...

MOMENTUN, Bandarlampung-- Ribuan pelari dari berbagai provinsi me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com