SMA Ma'Arif 1 Sukatani Gelar Pelatihan Jurnalistik

Tanggal 07 Des 2019 - Laporan - 1179 Views
Pelaksanaan pelatihan jurnalistik tingkat pelajar di SMA Ma'Arif 1 Sukatani Lampung Selatan.

MOMENTUM, Kalianda--Sekolah Menengah Atas (SMA) Ma’Arif 1 Sukatani menggelar pelatihan jurnalistik selama dua 5-6 Desember 2019.

Hal itu disampaikan Waka Kurikulum SMA Ma’Arif 1 Sukatani Sartini, Sabtu (7-12). Kegiatan di aula Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan mengenai media beserta teknik-teknik penulisan yang benar.

"Alhamdulilah 130 orang peserta didik dari kelas X, XI dan XII antusias untuk mengikuti kegiatan ini," terang Waka Kurikulum SMA Ma’arif 1 Sukatani Sartini.

Menurut dia, acara ini diselenggarakan agar peserta didik terampil dalam penulisan baik untuk keperluan seorang jurnalis tingkat pelajar dan membuat konten positif mengenai sekolah serta dapat disebarluaskan kepada masyarakat. 

"SMA Ma’Arif 1 Sukatani berupaya menjadi bagian dari pengembangan SDM khususnya bidang jurnlistik," tambahnya.

Ketua Pelaksana Pelatihan Jurnalistik, Komala Dewi mengadakan ada tiga hal yang melatarbelakangi kegiatan ini, pertama meningkatkan kemampuan peserta dididik guna penulisan di media baik cetak maupun elektronik.

Kedua, memberikan pemahaman tentang jurnalistik dan bijak dalam hal membuat tulisan. "Terakhir membentuk kader jurnalistik tingkat pelajar yang ada di sekolah," paparnya. 

Dia berharap dengan pelatihan dapat melahirkan para jurnalis di tingkat kelas, organisasi, dan lingkungan masyarakat. "Sehingga menyebarkan konten positif baik untuk sekolah maupun kabupaten Lampung Selatan," tambanya.

Materi yang disampaikan meliputi apa itu jurnalistik, pengambilan video dan foto jurnalistik, serta cara penulisan berita.  

Salah seorang peserta, Santi mengakui pelatihan ini menambah wawasannya dalam dunia jurnalistik dan teknik membuat berita.

"Sebelumnya saya sulit sekali untuk menuangkan kegiatan, sekolah, organisasi dan kejadian dilingkungan untuk dituangkan dalam sebuah tulisan dan menjadi berita. Setelah mengikuti pelatihan ini, sekarang jadi bisa untuk membuat rilis berita," kata pelajar kela XI yang hoby berorganisasi.

Pada akhir kegiatan para peserta diminta untuk membuat rilis berita mengenai sekolah, lingkungan dan pelatihan atau sisi positif di tempat tinggal masing-masing.

Pelatihan yang dilaksanakan setelah ujian semester atau semester ganji itu menghadirkan narasumber media Tegar TV Hendri Adi, cetak dan online Media Metropolis Dendi Hidayat serta Daulat Lampung.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com