Akademisi: Rekomendasi Parpol Mahal, Eva Dwiana Bisa Jadi Caden

Tanggal 11 Des 2019 - Laporan - 686 Views
Akademisi Universitas Lampung, Budiono//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Akademisi Universitas Lampung (Unila) Budiono meyakini, akan ada calon independen (caden) yang mengisi bursa calon kepala daerah di Pilkada mendatang. Terkhusus di Kota Bandarlampung.

“Kalau saya melihatnya kemungkinan itu ada. Bukan hanya di Bandarlampung, tapi di beberapa kabupaten/kota yang akan ikut pilkada serentak juga akan ada caden,” kata Budiono kepada harianmomentum.com, Selasa (10-12-2019).

Apalagi, sambung dia, konstelasi politik saat ini mendesak para bakal calon kepala daerah untuk merogoh kocek besar guna mendapat rekomendasi partai politik.

“Ada kemungkinan caden akan muncul karena biaya politik membeli perahu itu kan dalam tanda kutip. Sudah rahasisa umum, mau melalui parpol memerlukan biaya tak sedikit,” jelasnya.

Walau begitu, sambung dia, maju melalui jalur independen juga tidak mudah, sebab perlu suara besar. “Itu yang mungkin menghambat calon dari independen,” ujarnya.

Baca juga: KPU Tetapkan Syarat Dukungan Caden

Bicara soal Pilkada Bandarlampung, Budiono punya keyakinan kalau salah satu bakal calon Walikota, sebut saja Eva Dwiana, berpeluang besar menjadi caden.

“Di Bandarlampung isu-isunya memang terjadi perpecahan di salah satu parpol terbesar. Kita lihat parpol terbesar itu kan mencalonkan salah satun ketua partainya. Jadi kemungkinan akan ada caden. Caden itu kemungkinan besar Bunda Eva Dwiana,” paparnya.

Sebenarnya, menurut Budiono, Eva Dwiana lebih baik maju melalui jalur independen. Sebab dia punya basis massa yang kuat.

“Saya lihat Bunda Eva punya tingkat keterpilihan besar. Maka dia lebih baik jadi caden. Saya mendorong Bunda Eva maju melalui calon independen,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terkait kesiapannya menjadi caden, bakal calon Walikota Bandarlampung Eva Dwiana enggan berkomentar. Saat dihubungi via telepon dan dikirimkan pesan whatsapp ke nomornya 0811-7236-xxx, tidak merespon.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


KPU Metro Sosialisasi Tahapan Pemilihan Guber ...

MOMENTUM, Metro--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menjelas ...


Mantan Sekda Ikut Daftar Balon Bupati Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ingin lebih berkontribusi membangun Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com