Pesibar Komitmen Kembangkan Berbagai Sektor Pariwisata

Tanggal 20 Des 2019 - Laporan - 713 Views
Peselancar meningkati gulungan ombak pada salah satu pantai di Pesisir Barat.

MOMENTUM, Pesisir Tengah--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir komitmen untuk terus mengembangkan berbagai sektor pariwisata di wilayah setempat.

Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di Provinsi Lampung. Kabupaten Pesibar kini pun sudah dikenal hingga ke mancanegara, hal tersebut dapat dilihat dengan semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang datang setiap tahunnya.

Kadispar Pesibar Drs Gunawan, M. Si., mengatakan berbagai sektor pariwisata telah dikembangkan oleh Pemkab Pesbar, sehingga tidak hanya terkenal dengan ombak dan keindahan pantainya.

"Kabuaten Pesibar tidak hanya memiliki potensi wisata dibidang surfing dan wisata pantai saja, melainkan banyak lokasi wisata yang bisa disambangi oleh wisatawan yang datang ke kabupaten ini,” kata dia.

Dijelaskannya, lokasi wisata yang bisa disambangi oleh wisatawan yang yang datang, mulai dari wisata alam, seperti pantai, air terjun, surfing, bendungan, hutan damar, goa hingga potensi wisata lainnya.

"Banyak lokasi wisata yang bisa disambangi oleh wisatan yang datang ke kabupaten ini, karena Pesibar tidak hanya memiliki potensi wisata pantai dan saja melainkan banyak sektor lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, pengembangan lokasi wisata hingga kini masih dilakuakan secara bertahap, penggunaan anggaran dana alokai khusu (DAK) untuk membangun sektor wisata masih difokuskan di kawasan wisata pantai tanjung setia untuk menunjang pelaksanaan kejuaraan surfing internasional yang akan dilaksanakan setiap tahunnya.

“Kejuaraan surfing internasional yang kita laksanakan setiap tahunnya, merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Pesibar,” terangya.

Sementara itu, salah satu lokasi wisata unggulan yang saat ini terus dikembangkan adalah Pulau Pisang. Dalam dua tahun terakhir, pembangunan masih terus dilakukan oleh Kemendes PDTT untuk mendukung sektor pariwisata di pulau tersebut.

"Pembangunan yang dilaksanakan mulai dari penyediaan penginapana, sarana air bersih, gazebo, gedung pertemuan hingga sarana lainnya seperti sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling pulau,” ujarnya.

Pihaknya terus berupaya mengembangkan sumberdaya manusia pariwisata yang ada di kabupaten setempat, salah satunya dengan melaksanakan sejumlah kegiatan pelatihan, mulai dari pemandu surfing, pemandung trekking, spelatihan kuliner hingga pengemangan ekowisata.

"Kita harap, upaya pengembangan sektor pariwisata yang kita laksanakan setiap tahunnya, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan tidak hanya domestik maupun mancanegara dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com