KPU Pringsewu Tetap Gandeng Insan Pers

Tanggal 08 Jan 2020 - Laporan - 1349 Views
Suasana saat berlangsungnya dialog antara KPU Pringsewu dengan perwakilan lembaga pers. Foto: lis

MOMENTUM, Pringsewu--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu tetap menggandeng insan pers untuk mempublikasikan kegiatannya, walau pun di 2020 tidak ada momen pemilihan kepala daerah (Pilkada).


"Walau tahun ini Pringsewu tidak ada Pilkada serentak seperti delapan kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung, kami tetap akan turun ke bawah guna mensosialisasikan tentang Pemilu (pemilihan umum)," kata Ketua KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman.


Hal itu dikatakannya saat berdialog dengan perwakilan organisasi jurnalis di kabupaten setempat: PWI, KWRI, AWPI dan FWK-KP, di ruang kerja Ketua KPU Pringsewu, Rabu (8-1-2020).


Menurut dia, peran serta insan pers, baik media cetak, elektronik, online dan TV sangat penting untuk menhyiarkan berbagai program kerja KPU sehingga infornasi lebih cepat diketahui masyarakat. "Tanpa peran pers, kegiatan apapun bentuknya kurang terserap oleh masyarakat," ujarnya.


Sofyan berharap insan pers di Kabupaten Pringsewu dapat terus mengawal kegiatan KPU setempat. Salah satunya mensosialisasikan tentang keberadaan rumah pintar yang ada di Sekretariat KPU Pringsewu.


"Pada tahun 2020 pihak KPU Pringsewu akan membentuk kampung demokrasi. Minimal setiap kecamatan ada satu pekon (desa) sebagai kampong demokrasi," jelasnya. 


Hal itu dilakukan supaya tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Pringsewu terus meningkat pada pelaksanaan Pilkada mendatang.


"Hal ini dibuktikan pada Pilkada Bupati-Wakil Bupati Pringsewu pada 2017 pemilih mencapai 78 persen dan meningkat menjadi 81 persen pada Pemilu, Pileg, Pilpres 2019 ini," paparnya.


Disamping itu, pada pertengahan tahun 2020 di Kabupaten Pringsewu juga akan berlangsung momen Pemilihan Kepala Pekon (desa) serentak.


"Kami juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti pemilihan yang demokratis dan jurdil (jujur dan adil)," terangnya.


Sofyan Akbar Budiman menambahkan, terkait jalinan kerja sama dengan media, mulai dari berlangganan koran, iklan dan publikasi lainnya, di 2020 belum bisa dipastikan, sebab keterbatasan anggaran.


"Nanti akan kita bahas internal dulu, kalau sudah ada titik terang baru tak informasikan lewat lembaga pers masing-masing," imbuhnya.


Diberitakan, ada lima Komisioner KPU Pringsewu (periode 2019 - 2024): Sofyan Akbar Budiman (Ketua KPU) dan anggotanya Juniantama, Imam Bukhori, Sulaiman dan Saifudin.


Sekretaris KPU Pringsewu Dewanto Dwi Utomo mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno pembagian divisi dan korwil dituangkan dalam BA nomor 99/ORT.02.BA/1810/Kab/XI/2019 tanggal 25 november 2019, telah ditunjuk masing-masing divisi.


Divisi keuangan, umum, rumah tangga dan logistik dipegang Sofyan Akbar Budiman yang juga bertanggung jawab pada Korwil Dapil l Kecamatan Pringsewu.


Pada Korwil Dapil II Kecamatan Sukoharjo dan Adiluih dipercayakan Imam Bukhori yang menjabat Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM.


Selanjutnya Dapil III Kecamatan Gadingrejo Saefudin, juga pada Divisi Hukum dan Pengawasan.


Untuk Divisi Teknis Penyelenggaraan Juniantama Ade Putra, dan Dapil lV Kecamatan Ambarawa serta Pardasuka.

"Untuk Korwil Dapil V (Pagelaran, Pagelaran Utara dan Banyumas) Sulaiman Divisi Perencanaan, data dan Informasi," jelas Dewanto Dwi Utomo.(lis/acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seluruh DPC Gerindra Lampung Sepakat Usulkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Part ...


PAN Lampung Buka Penjaringan Bakal Calon Kepa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com