KKN di Rejosari, Mahasiswa Itera Tanam Pohon di Sekiling Lapangan

Tanggal 19 Jan 2020 - Laporan - 1003 Views
Mahasiswa Itera di Rejosari, Pringsewu. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pringsewu--Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang kuliah kerja nyata (KKN) di Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu, menanam 100 bibit pohon di sekeliling Lapangan Sumber Waras, Rejosari.

Penanaman berlangsung Ahad (19-1-2020) pagi, dilakukan bergotong-royong dengan pemuda setempat. Mereka menanam bibit jambu Jamaika, petai, pala dan sengon.

Ketua kelompok mahasiswa KKN di Rejosari, Rionaldi Prasetyo, mengatakan, kegiatan itu dibantu rekan KKN-nya dari berbagai program ilmu studi.

Kegiatan itu bertujuan untuk penghijauan, penahan erosi tanah di lapangan, dan diharapkan mengurangi polusi udara. "Yang penting lagi, jika tanaman itu hidup semua akan ada hasilnya baik diambil buahnya maupun kayunya," jelasnya.

Mahasiswa Itera yang KKN sejak 23 Desember 2019 hingga 25 Januari 2020, kata dia, sudah merealisasikan berbagai program seperti mensosialisasikan tentang pembuatan biofori, drainase, rambu jalan, pelatihan lampu atomatis untuk pelajar tingkat SMP. 

"Sedang kepada pelajar SD memberikan pelatihan pemilhan sampah, mitigasi bencana dan simulasi gunung berapi," ungkapnya.

Rionaldi menambahkan, program di tingkat pekon (desa) yakni merealisasikan pembuatan peta administrasi desa, peta fasiltasi umum dan pembuatan nama jalan.

Pejabat (Pj) Kepala Pekon Rejosari Edi Kusworo berterima kasih kepada mahasisa Itera yang KKN di desanya. Program yang dikerjakan mahasiswa dinilai positif dan membantu desanya.

"Saya berharap, semoga apa yang telah didapat di lapangan dapat dijadikan pengalaman bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan," harap Edi Kusworo.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pringsewu Suyatno juga mengapresiasi program mahasiswa Itera di wilayahnya, terutama penanaman bibit pohon, walaupun hanya 100 batang. "Tapi yang kita nilai ada bentuk rasa kepedulian terhadap penghijauan yang memang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Suyatno berpesan, dua atau tiga tahun ke depan, apa yang dilakukan mahasiswa itu akan terlihat hasilna. "Bila perlu setiap liburan bisa menengoknya, sekaligus mengawal merawat pohon tersebut," pintanya. (lis).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com