Sharing Time Megalithic Melenium Art, Umar Ahmad Ikut Berlatih Seni Teater Jepang

Tanggal 23 Jan 2020 - Laporan - 908 Views
Bupati Tubaba Umar Ahmad (belakang baju merah) menyimak arahan terkait teknik dasar tari teater tradisional Jepang Noh

MOMENTUM, Panaragan--Even festival kebudayaan bertajuk Sharing STime Megalithic Melenium Art yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menjadi ajang pendidikan bagi masyarakat untuk mengenal dan mempelajari berbagai kebudayaan dan kesenian dari berbagai negara. Salah satunya dari Jepang.

Pada even tersebut, budayawan dan seniman Jepang Katsura Khan memperkenalkan sekaligus memberikan pelatihan teknik tari Noh. Noh merupakan salah satu tari teater tradisional masyarakat Jepang.

Pelatihan teater Tari Noh yang berlangsung di Sesat Agung (balai adat) Bumi Gayo itu bukan hanya diikuti para seniman dan budayaan dari berbagai negara. Bupat Tubaba Umar Ahmad dan para pelajar setempat, terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

"Di Jepang tari teater Noh ini biasanya hanya digelar saat ada acara-acara besar saja. Jadi pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Tubaba untuk mengenal dan mempelajari tekni-teknik dasar tari teater Noh," kata Semi Ikra Anggara ketua pelaksana kegiatan tersebut, Kamis (23-1-2020).

Gelaran even Sharing STime Megalithic Melenium Art yang diselenggarakan Pemkab Tubaba, 22 hingga 26 Januari itu juga mendapatkan apresiasi dari Seniman Amerika Serikat Ary Rudenco.

"Secara pribadi, saya sangat suka dengan gagasan-gagasan pak Umar Ahmad menggali dan mengembangkan potensi budaya untuk kemajuan daerah," kata Ary melalui penerjemah. (sln)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com