Simana Lagi Juara Festival Durian Lokal Gunung Rajabasa

Tanggal 30 Jan 2020 - Laporan - 858 Views
Festival durian lokal Gunung Rajabasa. Foto. Bob.

MOMENTUM, Kalianda--Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Waypisang, Lampung Selatan, menggelar Festival Durian Lokal Gunung Rajabasa, Kamis (30-1-2020).

Festival dilakukan untuk menilai 30 buah durian unggulan dari 22 LPHD (lembaga pengelolaan hutan desa) yang berasal dari Register 3 Gunung Rajabasa, Lampung Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt0 Kadis Kehutanan Provinsi Lampung, Wiyogo Supriyanto menilai positif festival durian lokal karena bisa mengangkat produk lokal unggul yang sebenarnya tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan produk daerah lain.

"Kegiatan ini juga dapat mencerminkan kinerja KPH, sehingga kami juga dapat mengangkat hal yang kecil berdampak besar," kata Wiyogo.

Durian yang terpilih dalam festival ini, akan diperbanyak sebagai produk durian unggul. "Yang jelas kita kedepan akan melakukan budidaya dan memperbanyak ini (durian) semua, sehingga masyarakat juga nanti akan menghargai durian milik kita sendri," ujarnya.

Kepala KPHP Waypisang, Lampung Selatan, Wahyudi Kurniawan mengatakan, target dari festival ini tidak lain untuk mencari durian lokal yang unggul.

"Saya yakin di Gunung Rajabasa ini ada durian yang unggul dan kita akan temukan itu untuk dikembangkan dan bakal dijadikan pohon induk, yang nantinya kita mempunyai ciri khas durian Kalianda," ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua penyelenggara, M. Thoriq, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian pada festival durian lokal tersebut.

"Aromanya, ketebalan dagingnya, berat dan juga rasa yang menjadi komponen utama pada penilaian tersebut," ujarnya.

Juara 1 dimenangkan oleh LPHD Tanjungganding yang menampilkan dunia Simana Lagi, Juara 2 LPHD Banding, nama duriannya Lukat, juara 3 LPHD Cugung Desa Cugung, nama duriannya durian Mandok. (bob).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dewan Pers Sebut Komite Publisher Rights Baka ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam waktu enam bulan terhitung sejak d ...


Perpres Publisher Rights Diterbitkan untuk Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kementerian Komunikasi dan Informatika R ...


PWI Lampung Matangkan Persiapan Diskusi dan B ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lam ...


Angkutan Lebaran 2024, ASDP Bakauheni Siapkan ...

MOMENTUM, Bakauheni--PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com