Potensi Laut Besar, Nelayan Lampung Bisa Sejahtera

Tanggal 17 Feb 2020 - Laporan - 1217 Views
Kadishub Lampung, Bambang Sumbogo beserta Kepala KSOP dan Direktur Politeknik Pelayaran Banten. Foto. Rifat Arif/harianmomentum.com

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung memiliki potensi kelautan yang besar. Potensi tersebut menjadi modal untuk menyejahterakan nelayan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo menyebutkan, luas perairan laut Provinsi Lampung mencapai 24,820 km persegi atau 41,2 persen dari wilayah Lampung. Panjang garis pantainya, 1.105 km, dan memiliki 130 pulau kecil.

"Hal itu menjadi modal untuk kesejahteraan rakyat Lampung. Jika bisa mendayagunakan potensi tersebut, nelayan Lampung akan berjaya," katanya.

Bambang mengatakan hal itu saat membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung, di Pahoman, Bandarlampung, Senin (17-2-2020).

Dalam diklat, selain memberikan training tentang dasar-dasar keamana (basic safety training), juga dilakukan sertifikasi kapal nelayan dan pariwisata.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari (17-19) Februari, diikuti 250 nelayan dan awak kapal pariwisata dari Lampung Selatan, Pesawaran dan Bandarlampung. 

Pada bagian lain, Bambang mengungkapkan program Gubernur Lampung tentang Lampung berjaya. Termasuk para petani berjaya dan nelayan harus berjaya.

"Program kerja gubernur adalah bagaimana menjadikan rakyat Lampung menjadi berjaya, selain petani tentunya nelayan juga harus berjaya," katanya.

Selain itu, dia mengapresiasi KSOP yang menggelar kegiatan tersebut bekerjasama dengan Politeknik Pelayaran Banten. "Kami mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh KSOP dan Politeknik Pelayaran Banten dalam menggelar kegiatan ini, sehingga kompetensi nelayan meningkat," ungkapnya.

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com