Pilkada 2020, KPU Lampung Proyeksikan 8.087 TPS

Tanggal 18 Feb 2020 - Laporan - 1326 Views
Komisioner KPU Lampung Divisi Data dan Informasi Agus Riyanto (memegang microfon) saat Rakor bersama delapan KPU kabupaten/kota di Pesisir Barat. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung memproyeksikan 8.087 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di delapan kabupaten/kota yang akan melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September 2020.

Komisioner KPU Lampung Divisi Data dan Informasi Agus Riyanto mengatakan, semua KPU kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 melakukan pemetaan TPS di masing-masing wilayahnya.

“Ini sebagai persiapan dini, sebelum diserahkannya hasil analisis dan sinkronisasi DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu terakhir  (DPT Pemilu 2019, red) yang sedang dilakukan oleh KPU RI sejak 22 Januari hingga 22 Maret 2020,” kata dia melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Selasa (18-2-2020).

Mantan Komisioner KPU Kota Metro itu menjelaskan, pemetaan TPS berbasis pada jumlah TPS di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018. Sedangkan data pemilihnya mengacu pada DPT Pemilu 2019.

“Bagi yang jumlah TPS di Pilkada 2020 berkurang dari jumlah TPS di Pilgub Lampung 2018, maka dilakukan regrouping (pengelompokan kembali) TPS, seperti di Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Selatan,” jelasnya.

Dia menyebut, prinsip dari pemetaan TPS oleh delapan KPU kabupaten/kota adalah satu TPS maksimal pemilih 800 orang, dengan tidak memisahkan pemilih dalam satu RT atau gabungan RT di TPS yang berbeda.

“Termasuk tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga di TPS yang berbeda, mempertimbangkan jarak tempuh TPS dengan para pemilih serta penempatan TPS prinsipnya memudahkan akses pemilih,” terangnya.

Untuk proyeksi TPS yang akan dilakukan pemetaan dalam pilkada serentak 2020 di delapan KPU kabupaten/kota terdiri dari Bandarlampung 1.325 TPS, Metro 245 TPS, Lampung Selatan 1.520 TPS, Lampung Tengah 1.500 TPS, Lampung Timur 1.500 TPS, Pesawaran 925 TPS, Pesisir Barat 282 TPS dan Waykanan 790 TPS.  “Sehingga total yang diproyeksikan adalah 8.087 TPS,” ujarnya.

Nantinya, setelah KPU Lampung setempat menerima data hasil analisis dan sinkronisasi dari KPU RI maka KPU kabupaten/kota akan melakukan penyusunan Daftar Pemilih, sejak 22 Maret hingga 17 April.

“Kemudian akan dilakukan proses Coklit (pencocokan dan Penelitian) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Masa Coklit yang dilakukan PPDP dimulai pada 18 April hingga 17 Mei 2020,” kata Agus.

Agus menuturkan, semua paparannya tersebut adalah hasil rapat koordinasi (rakor) delapan KPU kabupaten/kota di Pesisir Barat sejak 16 -18 Februari 2020. Rakor dalam rangka konsolidasi kesiapan  tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih Pilkada serentak 2020.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Almacida Dukung Umar Ahmad - Edy Irawan di Pi ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Aliansi Masyarakat Cinta Damai atai Alma ...


Parosil Mantap Kembali Bertarung di Pilbup 20 ...

MOMENTUM, Liwa--Parosil Mabsus membulatkan niat untuk kembali maj ...


Golkar Punya Dua Nama Calon Gubernur, Ismet: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar ...


PP Lampung Evaluasi Kinerja Organisasi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com