Pringsewu Gelar Bimtek Kearsipan

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi (kanan) menyerahkan cideramata kepada salah satu narasumber bimtek kearsipan

MOMENTUM, Pringsewu--Bidang kearsiapan punya peran penting mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mempuni dan memahami tata kelola kearsipan yang baik, sesuai aturan yang berlaku.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsiapan. Bimtek yang diikuti 60 peserta pengelola arsip pada organiasi perangkat daerah (OPD) tersebut  berlangsung tiga hari di Hotel Regency Pringsewu. Bimtek dibuka Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Selasa (18-2-2020).

"Semoga melalui bimtek ini, pengelolaan arsip di lingkup Pemkab Pringsewu akan semakin baik, Sesuai prinsip, kaidah dan standar aturan pengelolaan kearsipan  yang berlaku," kata wabup.

Direktur Kearsipan Wilayah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Wawan selaku narasumber bimtek tersebut mengatakan,ada dua asaran kinerja yang harus diwujudkan bidang kearsipan: perlindungan kepentingan negara dan perlindungan hak-hak keperdataan rakyat. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Suheriyanto mengatakan, bimtek tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi peserta dalam menata dan memelihara kearsipan daerah.

"Sesuai tema, bimtek ini bertujuan Meningkatkan Kompetensi Aparatur Menuju Pringsewu Tertib Arsip," kata Suheriyanto. Bimtek itu juga menghadirkan narasumber: Kasi Pengelolaan Arsip Statis Provinsi Lampung Firmansyah. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor:  Munizar

Berikan Komentar