Soal Hama dan Air, Gubernur Komitmen Beri Solusi

Tanggal 18 Feb 2020 - Laporan - 573 Views
gubernur Arinal Djunaidi saat berbincang dengan petani di Pesawaran.

MOMENTUM, Pesawaran--Gubernur Arinal Djunaidi berkomitmen membantu para petani terkait air dan pengendalian hama.

Hal itu disampaikan gubernur saat berbincang bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gemah Ripah di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Selasa (18-2-2020).

Gubernur mengatakan ingin dekat dengan petani dan mengetahui langsung kondisi yang dialami dalam bertani.

"Saya turun langsung karena saya ingin lebih dekat dengan masyarakat petani. Tadi juga saya sudah melihat hasil cabai para petani dan hasilnya bagus," jelas Gubernur Arinal.

Terkait persoalan hama, Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung akan melakukan pengkajian terkait upaya pengendalian hama ini. 

"Kita akan melakukan pengkajian lebih dalam terkait upaya pengendalian hama ini. Kita juga akan melaporkan dengan Kementerian Pertanian terkait hal ini," ujarnya.

Sedangkan untuk masalah kekurangan air, dia memberikan dua alternatif. Pertama dengan menggunakan pompa air tenaga surya dari Bukit Asam. 

"Kita bisa salurkan bantuan pompa air tenaga surya dari Bukit Asam. Tetapi jalur pipa dan embungnya dari masyarakat petani. Ini akan dilakukan pengkajian seperti apa jalurnya nanti," jelasnya.

Alternatif lain, Pemprov akan meminjamkan alat pembuat sumur bor. Sehingga setiap sumur yang dibuat mampu memenuhi kebutuhan air untuk areal pertanian sekitar 3 hingga 4 hektare.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal juga mensosialisasikkan Program Kartu Petani Berjaya (KPB). Kartu itu akan memudahkan petani dalam mendapatkan permodalan untuk usaha tani. 

"Jadi petani di sini harus menentukan komoditas apa yang akan dikembangkan jika bergabung dalam program KPB ini," ujarnya. Gubernur berharap petani akan lebih mudah mendapat permodalan dan segala kebutuhannya. 

Laporan: Rilis

Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dipimpin Sulpakar, Angka Stunting di Mesuji T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar ber ...


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com