Ini Tanggapan Sekretaris Golkar-PKB terkait Deklarasi JUJUR

Tanggal 19 Feb 2020 - Laporan - 2238 Views
Ilustrasi Golkar-PKB//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Kader Partai Golkar Juprius dan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Juanda mendeklarasikan diri sebagai bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah Waykanan.

Bapaslon dengan jargon JUJUR (Juprius-Juanda) itu meyakini bakal diusung partai Golkar dan PKB di Pilkada 2020. Namun, keyakinan tersebut belum tentu terwujud. Sebab, proses menuju rekomendasi masih berjalan.

Sekretaris Dewean Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Provinsi Lampung Supriyadi Hamzah mengaku baru mengetahui adanya deklarasi tersebut.

“Memang dia (Juprius) sudah lama merapat ke Golkar. Dia juga sudah punya kartu anggota Golkar,” kata Supriyadi kepada harianmomentum.com, Rabu (19-2-2020).

Menurut Supriyadi, deklarasi tersebut tidak mempengaruhi keputusan rekomendasi yang nantinya akan dikeluarkan DPP.

“Keputusan DPP tidak bisa ditekan atau disiasati untuk si A dan B. Kami berorientasi ke paslonnya,” jelasnya.

Soal keyakinan bapaslon JUJUR direkomendasi Golkar, Supriyadi menegaskan bahwa saat ini partai berlambang pohon beringin belum mengeluarkan rekomendasi.

“Sampai saat ini Golkar belum memutuskan nama calon di Lampung (yang dapat rekomendasi). Karena masih tahapan evaluasi,” kata Supriyadi.

Anggota DPRD Lampung itu menjelaskan, dalam waktu dekat akan ada tahapan survei. Survei untuk mengukur tingkat elektabilitas para bakal calon kepala daerah yang ikut di penjaringan Golkar.

“Survei ini untuk melihat figur mana yang paling potensial menang. Apalagi di sana (Waykanan) kan ada beberapa nama, termasuk Juprius yang mendaftar sebagai bakal calon bupati,” jelasnya.

Menurut Supriyadi, Partai Golkar objektif dalam menjatuhkan rekomendasinya. “Partai Golkar sejak awal mengatakan akan mendukung calon yang pelung menangnya besar,” tuturnya.

Walau begitu, Golkar tetap mengedepankan kader internal. Dengan catatan, pelung menangnya besar. “Kalau di survei tahap dua cuma selisih dua persen, kita prioritaskan kader,” jelasnya.

Kecuali, sambung dia, peluang menangnya kader internal tersebut minim. “Kalau sih kader internal ini tidak mampu mengimbangi kandidat lain, dan kandidat lain itu terdaftar di Golkar. Kita akan prioritaskan yang pelung menangnya lebih besar itu,” paparnya.

Baca juga: Deklarasi Paslon, JUJUR Optimististis Diusung PKB-Golkar

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Lampung Okta Rijaya mengatakan, dia pun baru mengetahui adanya deklarasi bapaslon JUJUR.

Ketua Fraksi PKB DPRD Lampung itu menjelaskan, saat ini rekomendasi PKB untuk Pilkada Lampung belum dikeluarkan. Sebab masih dalam proses.

“Pilkada di Lampung sekarang masih diproses Tim Des Pilkada. Nanti Des Pilkada kabupaten/kota akan melaporkan ke DPW,” jelasnya.

Proses selanjutnya, DPW akan memberikan rekomendasi ke DPP, dalam bentuk usulan nama-nama bakal calon kepala daerah.

“Nanti DPP yang akan memutuskan dan menetapkan. Rekomendasinya jatuh kemana,” terangnya.

Setelah DPP PKB menetapkan keputusannya, sambung dia, barulah akan dipublikasikan ke masyarakat. “Pada saat nantinya sudah ada keputusan DPP baru kita akan bergerak sesuai intruksi DPP,” kata dia.

Namun, kata Okta, PKB tetap mengedepankan kader internal yang potensial untuk diusung maju Pilkada.

“Walau mendukung kader tapi kita harus realistis juga kan. Terpenting kalau ada kader potensial maju kenapa tidak didukung,” ungkapnya.

Soal deklarasi paslon JUJUR di Waykanan, Okta tidak mempermasalahkannya. “Silahkan. Tapi untuk PKB sendiri kita menunggu arahan DPP,” ucapnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah Putri Zulhas, PAN Lampung Munculkan N ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


Wacana Duet Umar dan Edy Irawan, Ini Kata Sek ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wacana duet Umar Ahmad dan Edy Irawan pa ...


Jelang Pilkada, Pj Bupati Pringsewu Ingatkan ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Masyarakat Solid, Ismet Mantap Maju Pilbup Tu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanya tinggal beberapa langkah lagi Isme ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com