Esmail Newawi: Proses Penjaringan Demokrat Masih Dua Tahap Lagi

Tanggal 19 Feb 2020 - Laporan - 640 Views
Suasana saat para kader Partai Demokrat mengunjungi Kantor PWI Lamsel. Foto: ist

MOMENTUM, Kalianda--Proses penjaringan bakal calon kepala daerah (bacalonkada) Partai Demokrat Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) masih dua tahap lagi: pemaparan visi-misi dan survei partai terhadap kandidat yang mendaftar di penjaringan partai.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Esmail Newawi saat berkunjung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamsel, Rabu (19-2-2020).

"Untuk pemaparan visi-misi kita jadwalkan pada Rabu 26 Februari pekan depan di sekretariat penjaringan. Diagendakan satu harinya dua season," kata Esmail kepada harianmomentum.com.

Menurut Esmail, tahapan visi-misi sangat penting. Sebab menjadi salah satu acuan bagi partai dalam menentukan rekomendasinya terhadap bacalonkada.

Selain itu, sambung dia, melalui pemaparan visi-misi partai dapat menilai kandidat mana yang sudah memiliki rencana terbaik dalam rangka pembangunan Lamsel mendatang.

"Tentunya kami ingin mendapatkan kandidat yang memiliki kapasitas dan kapabilitas baik untuk memimpin kabupaten yang kita cintai," ujarnya.

Selain itu, Esmail menambahkan, tahapan survei juga tak kalah penting bagi Demokrat. “Untuk survei dijadwalkan mulai tanggal 1 hingga 15 Maret. Kalau untuk penunjukan lembaga surveinya itu domainnya DPP,” jelasnya.

Dikatakannya, melalui survei partai dapat mengetahui tingkat elektabilitas dan popularitas para kandidat di mata masyarakat kabupaten setempat.

"Elektabilitas kan tingkat keterpilihan, sedangkan popularitas sejauh mana kandidat dikenal masyarakat luas. Artinya disini kita dapat menilai peluang para kandidat, yang berbanding lurus dengan target suksesi dalam pilkada nanti," jelasnya.(**)

Laporan: Alpandi

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


Sudin: Siapa Saja Boleh Nyalon, Asal Punya El ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Per ...


PDI Perjuangan Bentuk Tim Penjaringan Calon K ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demok ...


Setelah Putri Zulhas, PAN Lampung Munculkan N ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com