Musrenbang Bumiagung, Adipati Paparkan Hasil Pembangunan

Tanggal 20 Feb 2020 - Laporan - 559 Views
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya memaparkan hasil pelaksanaan pembangunan , di hadaparn masyarakat Kecamatan Bumiagung

MOMENTUM, Bumiagung--Bupati Waykanan Raden Adipati Surya kembali memaparkan capaian pelaksanaan program pembanguan selama empat tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan bupati pada masyarakat Kecamatan Bumiagung dan Kecamatan Waytuba pada kegiatan Musryawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.  Musrenbang berlangsung di aula kantor dua kecamatan tersebut, Kamis (20-2-2020).

Bupati berharap, pencapaian pembangunan yang telah dilakukan selama empat tahun terakhir menjadi acuan sekaligus motivasi bagi seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk terus meningkatkan pencapaian di masa yang akan datang.

Ada pun hasil pembangunan yang telah dilakukan selama empat tahun terakhir, antara lain: penurunan angka kemiskinan dari 14,61 persen pada tahn 2015 menjadi 13, 07 persen pada tahun  2019.

Kemudian, peningkatan pada angka indek pembangunan manusia (IPM). Pada tahun 2015 IPM Kabupaten Waykanan  masih berada pada angka 65,18 persen. Selanjutnya pada tahun 2018 angka tersebut meningkatak menjadi 66,63 persen.

Pada bidang pengelolaan keuangn daerah, selama sembilan tahun beturut-turur Kabupaten Waykanan berhasil meraih penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Pada bidang pembangunan insfrastruktur, Pemkab Waykanan berhasil melakukan penanganan kerusakan jalan sepanjang 1.071,69 kilometer. Termasuk jalan strategis sepanjang 666 kilometer.

Bidang pembangunan Sumber Daya Manusia, dilakukan dengan peningkatanan dan pemerataan kualitas pelayanan pendidikan berupa: pembangunan enam unit gedung PAUD dan rehabilitasi delapan ruang kelas lembaga pendidikan anak usia dini.

Pada leven pedidikan dasar (SD) dilakukan pembangunan 70 unit ruang kelas baru, dan rehabilitasi 506 unit ruang kelas.  Level sekolah menengah pertama (SMP), dibangun 17 unit ruang kelas baru dan rehabililtasi 186 unit ruang kelas.

Di bidang kesehatan juga terus dilakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Salah satunya dalam bentuk peningkatan status akreditasi pelayanan puskesmas. 

Saat ini, di Kabupaten Waykanan terdapat enam puskesmas dengan status Akreditasi Utama, sebelas Puskesmas Akreditasi Madya, dua PuskesmasAkreditasi Dasar serta serta satu Puskesmas dalam proses Akreditasi. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor:  Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Musrenbang Pringsewu, Intizam: Perlu Ada Kese ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanaka ...


Pj Bupati Kunjungi Keluarga Dini, Pelajar yan ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Tahun 2023, Realisasi KUR Pertanian Tembus Rp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Realisasi kredit usaha rakyat (KUR) untu ...


Bupati Pesawaran Apresiasi Gerakan Sinergi Re ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Gerakan Sinergi Reforma Agraria adalah bu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com