Nover Seangkenan dengan Wagub

Tanggal 26 Feb 2020 - Laporan - 541 Views
Prosesi Seangkonan atau pengangkatan saudara Noverisman Subing dan Wagub Chusnunia.

MOMENTUM, Sukadana--Anggota DPRD Provinsi Lampung Noverisman Subing melakukan prosesi seangkenan atau pengangkatan saudara dengan Wakil Gubernur Chusnunia, Anggota DPD RI Jihan Nurlela dan Sazaro Thudur.

Prosesi tersebut berlangsung di Desa Mataram Marga Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Tepatnya di rumah, Selasa (25-2-2020). Acara tersebut disaksikan keluarga besar dari kedua belah pihak serta tokoh adat dari Buay Subing Mataram Marga. 

Nunik —sapaan akrab Chusnunia, diberi gelar Tahta Pengiran. Kemudian, Jihan diberi gelar Rajo Serumpun dan Sazaro bergelar Ratu Berlian. 

Sedangkan suami Nunik, Erry Ayudiansyah diangkat anak oleh Sofian Ali bergelar Minak Pulun Bang Jayo dari Bilik Tengah Buay Subing Mataram Marga. Erry pun diberi gelar Rajo Kesuma.

Tokoh Adat setempat, Zulkifli yang bergelar Pengiran Semigo menyatakan saat ini mereka telah resmi menjadi bagian Buay Subing Mataram Marga.

"Masyarakat adat tidak lagi memanggil nama kepada ketiganya melainkan gelarnya. Itu sebagai pertanda kalau mereka sudah menjadi bagian dari kami," ujar Pengiran Semigo saat mengumumkan pemberian gelar melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Rabu (26-2-2020).

Pengiran Semigo juga meminta kepada mereka untuk dapat menjaga adat budaya sebagai warisan leluhur yang harus dipertahankan dan dilestarikan. 

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com