Sejumlah Rumah Ibadah di Lambar Disemprot Disinfektan

Tanggal 26 Mar 2020 - Laporan - 491 Views
Kader PKS Lambar menyemprotkan disinfektan di sejumlah rumah ibadah. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Liwa--Kader Partai Keadian Sejahera (PKS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah, Kamis (26-3-2020).

Sejumlah masjid, gereja, pondok pesantren dan lamban baca menjadi target penyemprotan untuk pencegahan penyebaran corona virus diseasse (Covid-19).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar, dari PKS Nopiyadi, mengatakan,  sterilisasi rumah ibadah dilakukan dengan melakukan penyemprotan ke seluruh sudut bangunan, seperti lantai, dinding, tempat duduk hingga pintu bangunan.

"Kami lakukan sterililasasi mendukung instruksi Bupati Lampung Barat tentang pencegahan masuknya Covit-19 ke Lambar. Ini juga sebagai bentuk ajakan dan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan ruang publik," kata Nopiyadi yang juga menjabat Sekretaris Umum PKS Lambar.

Kepada pengelola tempat ibadan dan tempat publik, Nopiyadi memberikan penekanan agar tempat dan benda yang sering tersentuh jamaah atau pengunjung hendaknya rutin dilakukan pembersihan dengan disinfektan.

"Tempat ibadah dan tempat yang banyak didatangi harus sering dibersihkan. Seperti lantai kantor, meja pelayanan, atau benda-benda lain yang kerap disentuh publik itu harus sering dibersihkan. Menghindari kuman dan virus yang bisa masuk ke tubuh kita," kata Nopiyadi yang juga ketua Fraksi PKS Bersatu.

Menurut dia, masyarakat wajib meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Dengan cara menetapkan pola hidup sehat. Hal ini, untuk menghindari tertularnya covid-19.

"Dan jangan lupa lakukan proteksi diri, kerap cuci tangan dengan sabun dan basuh dengan air mengalir, konsumsi gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, berpikir positif dengan mengelola tingkat stres," pesan Nopiyadi.

Nopiyadi meminta, pengelola tempat ibadah, tepat pelayanan publik, dan tempat-tempat umum lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Yakni, rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Karena proses tersebut, dapat menjaga diri dan mencegah dari penularan virus corona.

Menurut dia, penyemprotan disinfektan sangat memungkinkan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Apalagi tidak semua tempat bisa dilayani pemerintah.

Sprayer mudah didapat di pasaran. Cairannya bisa menggunakan lisol atau cairan desinfektan lain yang juga mudah diperoleh di pasaran.

Penyemprotan dimulai dari Masjid Baiturrahim Bedeng dan Pondok Tahfidz Yam'buul Quran , Lamban Baca Effara, Gereja GPI Bedeng,  GKSBS belakang mes pengadilan, Gereja GPdI di Gang Mawar dan Gereja Katolik di Jalan Kelor Waymengaku. (*).

Laporan: Sulemy.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com