Penanganan Corona, Lamtim Siapkan Dana Rp15 Miliar

Tanggal 30 Mar 2020 - Laporan - 891 Views
Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari

MOMENTUM, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) mengalokasikan anggaran Rp15 miliar untuk pencegahan dan penanganan covid-19.

Bupati Lamtim Zaiful Bokhari mengatakan, pemkab telah melakukan kalkulasi kebutuhan anggaran untuk upaya pencegahan dan penanganan virus corona.

"Kita sudah hitung, anggaranya mencapai Rp14,9 miliar. Saat ini anggaran yang sudah tersedia Rp1 miliar dari alokasi dana tak terduga," kata bupati, Senin (30-3-2020).

Menurut dia, untuk mencukupi kebutuhan anggaran tersebut, akan dilakukan rasionalisasi anggaran program kerja di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

"Ada beberapa kegiatan yang tidak mungkin dilaksanakan tahun ini di masing-masing OPD. Dana itu yang akan kita rasionalisasi untuk anggaran penanganan covid-19,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, tim gugus tugas penangangan covid 2019 Lamtim juga sedang melakukan persiapan terkait kedatangan warga perantau dari luar daerah.

"Ada beberapa TKI asal Lampung Timur yang masih berada di Batam dan akan kembali ke kampung halaman. Karena itu, kita telah mempersiapkan langkah-langkan penanganannya. Aparat kecamatan dan desa kita minta mendata dan mematau siapa pun warga yang baru datang dari luar daerah," ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Lamtim juga memanfaatkan gedung olahraga di Kecamatan Sukadana untuk ruang isolasi perawatan pasien terjangkit gejala corona.

“Karena keterbatasan ruang di RSUD Sukadana, maka Gedung Olahraga akan di lakukan penyekatan sesuai standar untuk dijadikan ruang isolasi,” kata Zaiful Bokhari. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com