Lamteng Siapkan Pemakaman untuk Bencana Covid-19

Tanggal 03 Apr 2020 - Laporan - 856 Views
Bupati Loekman Djoyosoemarto saat melakukan teleconfrence dengan Gubenur Lampung Ir Arinal Djunaidi di Command Center Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (3-4-2020).

MOMENTUM, Lampung Tengah--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah menyiapkan lahan khusus untuk pemakaman korban yang meninggal akibat virus corona atau Covid-19.

"Alhamdulillah lahan seluas 8.500 meter persegi telah dipersiapkan. Namun, penyiapan lahan ini bukan berarti berharap banyak korban tapi hanya sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meredam kekhawatiran warga di daerah ini," kata Bupati Loekman Djoyosoemarto saat melakukan teleconfrence dengan Gubenur Lampung Ir Arinal Djunaidi di Command Center Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (3-4-2020).

Menurut dia, pihaknya siap untuk melakukan penanganan serius guna mengantisipasi serta mencegah menyebarnya Covid-19 di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

"Pemerintah juga menyiapakan anggaran sebesar Rp70,8 miliar demi menyukseskan pencegahan serta pengendalaian penyebaran penyakit itu," kata bupati.

Bupati Loekman pun mengatakan terus melakukan sosialisasi bagi masyarakat agar waspada covid 19. Selain itu, Lamteng juga telah menyiapkan dua rumah sakit rujukan yaitu Yukum Medical Center (YMC) dan RSUD Demang Sepulau Raya. 

"Berbagai upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid 19 terus dilakukan dan masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan serta bagi mereka yang baru tiba dari luar kota diharapkan segera melapor ke kepala kampung setempat," kata Bupati Loekman.

Sementara itu, dalam teleconfrence yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Provinsi Lampung itu, Gubenur Ir Arinal Djunaidi menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk melakukan pengendalian dan pencegahan wabah virus Corona di wilayah masing-masing.

Gubernur juga meminta pemerintah setempat menetapkan status bencana Covid 19 di wilayah masing-masing. Kabupaten/Kota juga diminta menyiapkan rumah sakit dengan ruang isolasi dan peningkatan pelayanan di puskesmas daerah serta menyiapkan lahan pemda untuk menjaga kemungkinan jika nantinya ada pasien yang meninggal.(**)

Laporan: Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com