Pemkot Metro Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Insentif Tenaga Kesehatan Covid-19

Tanggal 09 Apr 2020 - Laporan - 1376 Views
Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Adriyanti memberikan keterangan terkait alokasi dana insentif tenaga medis penanganan covid-19

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) menganggarkan dana sekitar Rp1,5 miliar untuk insentif tenaga kesehatan dan dokter yang menangani covid-19.

Walau begitu tidak semua tenaga kesehatan dan dokter akan mendapatkan insentif tersebut.

"Insentif ini hanya untuk tenaga medis yang berhadapan langsung dengan orang-orang covid-19 atau petugas lainnya, seperti supir ambulans, tukang sapu ruangan isolasi. Jadi bukan untuk semua petugas," kata Ketua Gugus Tugas Pencegahan covid-19 Kota Metro Nasir AT, Kamis (9-4-2020).Selain itu, tim tugas pencegahan covid-19 lainnya juga tidak mendapat insentif.

"Jadi harus dibedakan. Tidak semua satgas mendapat insentif, tapi ada untuk makan dan uang transportasi," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Adriyanti menjelaskan, selain untuk insentif tenaga kesehatan dan dokter tersebut, pihaknya juga mengalokasikan anggaran Rp3,5 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (Alkes) dan barang habis pakai.

"Dana ini pergeseran dari dana DID dan BOK.  Dana ini adanya di puskesmas. Totalnya 6,5 miliar. Selain itu untuk pengadaan bilik sterilisasi juga," jelasnya. 

Alat habis pakai yang dimaksud, lanjut Erla, seperti: sarung tangan, hand sanitizer, desinfektan, alat pelindung diri dan lainnya.

"Alat habis pakai ini sebagian masih dipesan. Kebetulan yang baru tiba bilik sterilisasi dan sudah dipasang diperbatasan pintu masuk," terangnya.

Selain itu, sisa persiapan anggaran yang dipersiapkan tersebut digunakan untuk kebutuhan operasional."Sisanya untuk operasional terkait covid-19," ujarnya.(**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


Sejumlah Program Pembangunan di Pardasuka Dir ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu pada anggar ...


Pelunasan Bipih tahap II Ditutup, 106 Jemaah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com