RSUD Alimuddin Umar Jadikan Ambulans Sarana Ambil Sample Swab

Tanggal 20 Apr 2020 - Laporan - 1024 Views
Proses pengambilan sample swab di Kabupaten Lambarm menggunakan sarana mobil ambulans

MOMENTUM, Liwa--Upaya pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RsUD) Alimuddin Umar, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam mengatasi kendala sarana pencegahan dan penanganan penularan virus corona, patut dicontoh.

Pihak RSUD setempat berkreasi mengembangkan fungsi ambulans menjadi sarana pelayanan pengambilan sample swab (cairan tenggorokan) pasien terindikasi gejala virus corona. Selanjutnya, sample swab itu dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk diuji. Apakah positif tertular virus corona atau tidak.

Direktur RSUD Alimuddin Umar dr.Widyatmoko Kurniawan mengatakan, ide mengembangkan fungsi ambulans menjadi sarana pelayanan pengambilan sample swab itu muncul untuk mengatasi kendala minimnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

"Dengan mobil ambulans ini dapat mengurangi penggunaan APD tenaga medis, karena pengambilan sample swab tidak terpusat di satu tempat. Mobil bisa berpindah, dan tidak memerlukan banyka tenaga medis yang harus menggunakan APD," kata dr. Widyatmoko pada Harianmomentum.com, Senin (21-4-2020).

Menurut dia, untuk keamanan tenaga medis dalam proses pengambilan sample swab juga sudah diperhitungan dengn matang.   

“Jadi bilik swab di mobil ambulans itu sudah diberikan pembatas mengunakan kaca akrilik yang cukup tebal dan diberi lubang untuk mengambil sample swab. Jadi pasein dan tenaga medis terpisahkan oleh kaca klrilik.  Kita juga pasang alat tambahan berupa hand scoon. Sehingga Insya Allah aman bagi petugas yang melakukan swab,” terangnya.

Dia juga menegaskan, secara umum RSUD Alimuddin Umar siap menghadapi segala kemungkinan terkait pencegahan dan penanganan penularan virus corona.

”Alhamdulillah hingga saat ini kami belum merawat satupun pasien terpapar covid-19. Namun, kita siap menghadapi segala kemungkinan terkait penanganan virus corona," tegasnya. (**)

Laporan: Sulemny

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com