Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kunjungi Lamsel

Tanggal 20 Apr 2020 - Laporan - 521 Views
Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung memberikan bantuan masker kain 1.000 buah kepada Lamsel. Foto. Alpandi.

MOMENTUM, Kalianda--Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja ke Lampung Selatan (Lamsel), Senin (20-4-2020).

Kunjungan yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Irwan Sihar Marpaung, itu untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) penanganan dan pencegahan Covid-19 di Lamsel.

Kedatangan mereka diterima Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto didampingi anggota Forkopimda, Penjabat Sekretaris Daerah, Thamrin beserta Tim Gugus Tugas Covid-19, di Posko Covid-19 yang berada di rumah dinas bupati setempat.

Nanang melaporkan langkah yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Lamsel atau Tim Gugus Tugas Covid-19 terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus korona atau Covid-19.

Termasuk data sementara self monitoring, orang salam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG), maupun pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dapat kami laporkan, saat ini orang dalam pemantauan sebanyak 46 orang. Pasien dalam pengawasan ada dua orang. Orang tanpa gejala sebanyak 6 orang. Dan positif Covid-19 ada satu orang,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, Pemkab Lamsel telah melakukan berbagai kegiatan atau aksi sosial. Seperti, pembagian masker, penyemprotan disinfektan dan sanitasi lingkungan di beberapa wilayah vital yakni, terminal, pasar, fasilitas umum dan wilayah pemukiman masyarakat.

“Langkah-langkah lainnya melaui imbauan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan melaksanakan social distancing atau menjaga jarak dalam melakukan aktifitas sehari-hari diluar rumah. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari kerumunan atau keramaian dalam beraktifitas,” paparnya.

Selain itu, Nanang menuturkan, pemkab juga menyiapkan ruang isolasi khusus di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 yakni di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Bob Bazar, Lamsel untuk penanganan masyarakat yang terpapar atau orang yang terjangkit virus Covid-19.

“Pemerintah daerah juga telah menyiapkan ruang karantina di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Kementerian PUPR yang berlokasi di area GOR Wayhandak Kecamatan Kalianda,” tuturnya.

Sedangkan, untuk jaringan pengaman sosial bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, Pemkab Lamsel juga telah melakukan berbagai upaya seperti memberikan bantuan langsung tunai (BLT).

“Alhamdulillah, kami dapat tambahan kuota program sembako sebanyak 14 ribu kepala keluarga. Untuk sisanya yang belum mendapat bantuan dari pemerintah, saat ini masih dalam proses pendataan oleh Dinas Sosial untuk kita berikan Bantuan Langsung Tunai,” kata Nanang.

Sementara itu, Irwan Sihar Marpaung mengatakan, Provinsi Lampung, khususnya Lamsel merupakan daerah yang di kelilingi daerah zona merah Covid-19.

Menurutnya, sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera, perlu penanganan ekstra terkait antisipasi dan pencegahan Covid-19 di Lamsel.

“Kita tidak tahu sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir. Jadi saya mohon kita dengan keikhlasan hati  bisa mengabdikan diri kepada masyarakat. Khususnya menangani dampak Covid-19,” ujar mantan Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam ini.

Disamping itu, Ketua Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung ini juga meminta Pemkab Lampung Selatan agar memperhatikan data warga penerima bantuan sosial selama pandemi Covid-19. Sehingga bantuan yang akan diberikan pemerintah tersebut bisa tepat sasaran.

“Tolong masalah pendataan jaringan pengaman sosial ini diperhatikan betul. Ada Kartu Pra Kerja, bantuan dari Dinas Sosial, dan bantuan lainnya. Saya titip ini ke Pak Bupati supaya merata kepada orang-orang yang memang memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan,” pesan Marpaung.

Pada kesempatan tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kain sebanyak 1.000 buah kepada Pemkab Lampung Selatan. (*).

Laporan: Alpandi.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com