Musrenbang Provinsi, Lamsel Usulkan Rp318 Miliar untuk Program Prioritas

Tanggal 23 Apr 2020 - Laporan - 721 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengusulkan sejumlah program prioritas pembangunan dengan total nilai mencapai Rp318 miliar lebih.

Usulan tersebut disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintaj Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2021.

Musrenbang yang dilaksanakan secara virtual atau menggunakan teknologi video telecomfrence itu berlangsung, Kamis (23-4-2020).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lamsel Wahidin Amin mengatakan, usulan nilai Rp318 miliar untuk program prioritas yang dialokasikan dalam alokasi APBD Provinsi Lampung itu terbagi dalam sejumlah bidang.

Rincianya:bidang infrastruktur sebesar Rp237,9 miliar lebih untuk bidang infrastruktur, bidang sosial Rp38,3 miliar lebih dan Rp42,1 miliar lebih untuk bidang ekonomi.

"Usulan program prioritas itu telah dimasukkan ke dalam aplikasi E-Musrenbang Provinsi Lampung," kata Wahidin.

Dia menerangkan, secara umum usulan tersebut untuk mendukung pengembangan kawasan industri Way Pisang dan Sebalang. Kemudian, pengembangan pariwisata terintegrasi di Bakauheni serta pengembangan sektor pertanian, terutama komoditi bawang merah di Kecamatan Ketapang.

"Usulan prioritas pembangunan bidang infrastruktur, antara lain mencakup kegiatan:  rehabilitasi jalan rusak sedang sampai dengan rusak berat pada ruas Jalan Kalianda-Kunjir-Gayam di Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda sepanjang 31 kilometer," terangnya.

Kemudian, lanjut dia, rehab ruas jalan
Gayam-Ketapang di  Kecamatan Penengahan sepanjang 7 kilometer dan ruas jalan simpang Sidomulyo-Blimbingsari, Kecamatan Sidomulyo sepanjang 25 kilometer dan ruas jalan simpang Korpri-Sukadamai Kecamatan Jatiagung sepanjang 10 kilometer

Selain itu, ada juga normalisasi aliran Sungai Waypisang, di Kecamatan Palas sepanjang 5 kilometer. Normaliasi Sungai Kertosari di Kecamatan Tanjungsari sepanjang 5 kilometer dan normalisasi Sungai Desa Candimas, Kecamatan Natar sepanjang 5 kilomeyer.

“Selain bidang infrastruktur, program prioritas juga meliputi bidang ekonomi dan sosial pemerintahan sebanyak delapan usulan kegiatan dengan total nilai usulan sebesar Rp80,5 miliar lebih,"  jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto pada kesempatan itu mengatakan, prioritas pembangunan tahun 2021 di kabupaten setempat meliputi: peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, budaya, serta pemberdayaan perempuan.

Kemudian, pemantapan infrastruktur untuk mendukung pariwisata, sentra produksi dan industri, serta pembangunan agrowisata. Peningkatan perekonomian daerah melalui pengolahan produk unggulan, pemanfaatan teknologi, inovasi, penguatan kelembagaan dan permodalan serta perluasan lapangan kerja.

Selanjutnya, peningkatan investasi daerah dan pelayanan publik melalui penyederhanaan birokrasi dan regulasi. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta kesiapsiagaan bencana. Peningkatan tata kelola dan kapasitas pemerintah daerah dan desa, serta ketentraman dan ketertiban umum.

“Tema pembangunan Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021adalah Peningkatan Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, Pengembangan Ekonomi dan Kepariwisataan Daerah yang Berkelanjutan,” kata Nanang. (**)
Laporan: Alpandi
Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


Kuota Haji Lampung yang Tak Terisi Dialihkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sisa kuota jemaah calon haji (JCH) Lampu ...


OTD Haji Tahun Ini Disepakati Rp4,9 Juta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ongkos transit daerah (OTD) untuk jemaah ...


Musrenbang Pringsewu, Intizam: Perlu Ada Kese ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melaksanaka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com