Satu Warga Waykanan Positif Corona Jalani Isolasi Mandiri

Tanggal 26 Apr 2020 - Laporan - 1142 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Blambanganumpu--Satu warga Kabupaten Wayakanan yang terkonfermasi positif covid-19, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di kediamanya. 

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Way Kanan Anang Risgianto mengatakan, warga yang positif covid-19 itu sebelumnya pernah mengikuti kegiatan ijtima ulama dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Kasus positif covid-19 itu merupakan yang pertama di Kabupaten Waykanan. 

"Ya, sebelumnya pernah pergi ke Gowa. Pulang dari langsung berstatus OPD, sebelum dinyatkan positif corona dengan status Orang Tanpan Gejala (OTG). Sekarang yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumahnya," kata Anang pad Harianmomentum.com, Minggu (26-4-2020).

Menurut dia, pelaksanaan isolasi mandiri itu mendapat pengawasan ketat tim gugus covid-10 mulai dari tingkat kampung hinga kabupaten.

"Selama isolasi mandiri akan dilakukan tes swab dua hari sekali sampai benar-benar dinyatakan negatif. Untuk pemberian makanan dan vitamin juga selalu disuplai kebutuhannya karena korban tersebut tinggal sendirian di rumah tanpa keluarga," terangnya.

Berdasarkan data, total warga Kabupaten Waykanan yang pernaj mengikuti Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, mencapai sepuluh orang.

Seluruh peserta ijtima ulama asal waykanan sudah rapid test dan ada dua yg menunjukkan reakti. 

Sebelunya, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung merilis pembahan empat pasien positif corona: Empat pasien positif itu: tiga berasal dari Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dan satu dari Kabupaaten Waykanan.

Dengan penambahan itu, total pasien positif corona di Lampung menjadi 42 kasus yang tersebar di sembilan kabupaten/kota: 27 dalam perawatan, 10 sembuh dan lima pasien meninggal dunia.

Sebara kasus positif corona otu: Kota Bandarlampung 23 kasus, Lampung Selatan lima, Lampung Utara empat, Tulangbawang Barat empat, Lampung Barat empat. Lalu, di Pringsewu, Pesawaran, Lampung Tengah dan Waykanan masing-masing satu pasien. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar  

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com