Air PDAM Penawarjaya Kotor dan Tak Layak Konsumsi

Tanggal 29 Apr 2020 - Laporan - 678 Views
PDAM Penawarjaya Kecamtan Banjarmargo. Foto. Rahman.

MOMENTUM, Banjarmargo--Air yang didistribusikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kepada pelanggan di wilayah Kecamatan Banjarmargo, Kabupaten Tulangbawang, dinilai kotor dan tidak layak konsumsi.

Air tersebut berasal dari proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Kampung Penawarjaya, Kecamatan Banjarmargo.

Beberapa pelanggan mengaku telah melakukan komplain terkait air tidak layak konsumsi kepada pengurus PDAM setempat namun tidak ada tanggapan hingga saat ini.

"Kami sudah sering komplain terkait kotornya air dari PDAM, akan tetapi tidak ada tanggapan dari pihak PDAM. Hingga saat ini air dari PDAM yang disalurkan kepada pelanggan masih kotor dan tidak layak konsumsi," ujar Kasih (30) salah satu pelanggan, Rabu (29-4-2020).

Padahal, para pelanggan telah memenuhi kewajiban membayar tagihan sesuai pemakaian air setiap bulan. "Kami sudah bayar tagihan kepada PDAM setiap bulan. Wajar kalau kami menuntut hak kami untuk mendapatkan air bersih yang layak konsumsi," jelasnya.

Para pelanggan ini juga mengaku mengeluarkan biaya awal sebagai pelanggan antara Rp1,5 juta sampai Rp1,7 juta per pelanggan.

Terkait permasalahan tersebut, Direktur PDAM Kabupaten Tulangbawang Donald Napitupulu mengatakan SPAM IKK Kampung Penawarjaya itu bukan kewenangan PDAM Tulangbawang.

"Kalau SPAM IKK di Kampung Penawarjaya, Kecamatan Banjarmargo itu punya Balai Besar Provinsi Lampung. Belum ada serah terimanya kepada PDAM Tulangbawang," katanya singkat.

SPAM IKK Kampung Penawarjaya dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2014. (*).

Laporan: Abdul Rahman.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com