Tahap III, Tanggamus Didistribusikan Sembako untuk Lansia dan Disabilitas

Tanggal 12 Mei 2020 - Laporan - 797 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani memberangkatkan distribusi sembako untuk lansia dan penyandang disabilitas. Foto. Galih.

MOMENTUM, Talangpadang--Pemerintah Kabupaten Tanggamus mendistribusikan tahap ketiga bantuan sembako untuk warga lanjut usia dan disabilitas.

Pemberangkatan kendaraan yang membawa sembako tersebut dilepas Bupati Tanggamus Dewi Handjani di depan Kantor Kecamatan Talangpadang, Selasa (12-5-2020). Bantuan sembako tahap terakhir itu dikirimkan ke tujuh kecamatan se-Tanggamus.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan dampak pandemi Covid 19 sangat terasa terutama bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus. Terutama 87.211 keluarga prasejahera yang tercatat di Data Terpadu Kesejateran Sosial (DTKS).

Namun, kata Bupati, patut disyukuri dengan berbagai macam bantuan yang telah disalurkan ke masyarakat diharapkan dapat membantu mereka. Seperti bantuan program keluarga harapan (PKH), BPNT (bantuan pangan nontunai) yang sudah bisa dirasakan masyarakat.

“Alhamdulillah BPNT dalam pandemi ini telah memperluas jumlah sasaran. Untuk Kabupaten Tanggamus ditambah 18.671 keluarga," katanya. 

Selai itu, juga ada bantuan tunai. Untuk Kabupaten Tanggamus telah mencapai sasaran seuai dengan data yang telah terverifikasi di Pusdatin Kemensos. "Hari ini sudah mencapai 33.003 keluarga dari yang diusulkan sebanyak 34.721 keluarga. Selanjutnya akan di cleaning di Dirjen PFM (Penanganan Fakir Miskin) Kemensos RI," jelasnya.

“Itu masih kami kejar mudah-mudahan terpenuhi dan mencapai kuota 34.721 keluarga demi masyarakat kita yang membutuhkan,” harap Bupati.

Kemudian bantuan dari BLT (bantuan langsung tunai) dana desa (DD). Kerja sama dengan seluruh kepala pekon, aparatur pekon, telah menyisihkan sekitar 30 persen dana desa untuk dialokasikan sebagai BLT Dana Desa.

“Belum lagi dana yang bersumber dari realokasi dan refokusing yang dilakukan Pemda Tanggamus bersama jajaran legislaif,” ungkapnya.

Bupati berharap dengan berbagai macam sumber bantuan akan meringankan masyarakat akibat terdampak Covid-19. Meski tidak akan menyelesaikan permasalahan yang dirasakan masyarakat. Namun inilah batas upaya yang dilakukan. Ke depan,  Bupati akan upayakan dengan maksimal untuk meringankan beban masyarakat.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada semua pihak baik dari jajaran Pemda Tanggamus, Dinas Sosial, Kesehatan, Perhubungan, Pol PP, BPBD, jajarsn Forkopimda, legislatif, kecamatan, aparat pekon yang telah bekerja sama mengatasi persoalan masyarakat.

“Saya berharap semua pihak mematuhi protokol kesehatan dan mengajak, mengimbau seluruh masyarakat untuk disiplin melaksanakannya. Sehingga pandemi Covid 19 dapat segera berakhir," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Tanggamus Zulfadli menyampaikan ketujuh kecamatan yang akan menerima bantuan untuk lansia dan disabilitas yakni Kecamatan Talangpadang, Pugung, Bulok, Limau, Cukuhbalak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

Disebutkan, total penerima bantuan di tujuh kecamatan atau di 102 pekon mencapai 9.282 orang, terdiri dari 8.129 lansia dan 1.153 penyadang disabilitas. 

“Jenis bantuan berupa veras sebanyak 92,82 ton, dan mie instan 92.820 bungkus,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus,  Ketua DPRD Tanggamus beserta beberapa anghota Dewan,  Kapolres Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus, para pejabat di lingkungan Pemkab Tanggamus. (*)

Laporan: Galih

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Partai Gerindra Bantu Korban Kebakaran di Abu ...

MOMENTUM, Abung Timur -- Ketua DPD Partai Gerindra Lampung, Rahma ...


LKS Alamanda dan PSM Diminta Jalin Kerja Sama ...

MOMENTUM, Gisting -- Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) ...


Yayasan Karya Bhakti ADHYAKSA dan Yamanika Ge ...

MOMENTUM, Lampung--Yamanika dan yayasan adhiyaksa berkolaborasi d ...


Jaga Situasi Kondusif Jelang Pemilu, Polres P ...

MOMENTUM, Pringsewu--Polres Pringsewu menyalurkan bantuan sosial, ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com