Penarikan Iuran Penerima BST, Anggota DPRD Lambar Minta Aparat Terkait Bertindak

Tanggal 15 Mei 2020 - Laporan - 727 Views
Anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat Nopiyandi

MOMENTUM, Balikbukit--Polemik penarikan iuran sukarela oleh para kepala lingkungan (kaling) terhadap 862 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menuai reaksi DPRD setempat.

Anggota DPRD Lambar Nopiyandi menyesalkan penarikan iuran tersebut. Menurut dia, segala bentuk pengondisian untuk menarik uang BTS dari KPM merupakan pungutan liar. Terlebih, apabila iuran sukarela itu ditentukan dengan cara sepihak. Karena itu, dia meminta, aparat yang berwenang cepat menindaklanjuti persoalan tersebut.

"Saya minta inspektorat bekerja cepat menindaklanjuti masalah ini. Kalau memang betul ada pungutan atau apa pun bahasanya yang diambil dari KPM, itu bisa dikatakan pungli," kata Nopiyadi pada Harianmomentum.com melalui pesan whastapp, Jumat (15-5-20).

Dia mengatakan, saat ini telah dibentuk satgas saber pungli dibawah komando langsung Menkopolhukam. Satgas tersebut  melibatkan banyak intansi gabungan. Salah satunya aparat kepolisian.

Baca juga: Dinsos Lambar Sebut Penarikan Iuran Penerima BST Tidak Masalah, Kok Bisa..?

Dia berharap Satgas Saber Pungli secepatnya dibentuk di Kabupaten Lambar. Tujuanya untuk mengontrol sekaligus mencegah terjadinya penyelewengan atau pungutan liar dalam  proses penyaluran bantuan dampak covid-19.

"Mudah-mudahan di Lambar lansung terbentuk. sehingga menjadi warning untuk kita semua agar tidak terjadi pungli dalam penyaluran bantuan dampak covid. Kasus ini (iuran sukarela) bisa jadi tugas perdana satgas saber pungli di Lambar," harapnya. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Semarak Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Ber ...

MOMENTUM, Aceh – Menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, ...


Partai Gerindra Bantu Korban Kebakaran di Abu ...

MOMENTUM, Abung Timur -- Ketua DPD Partai Gerindra Lampung, Rahma ...


LKS Alamanda dan PSM Diminta Jalin Kerja Sama ...

MOMENTUM, Gisting -- Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) ...


Yayasan Karya Bhakti ADHYAKSA dan Yamanika Ge ...

MOMENTUM, Lampung--Yamanika dan yayasan adhiyaksa berkolaborasi d ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com