Warga Tulangbawang Terpapar Corona Sudah Sehat

Tanggal 22 Mei 2020 - Laporan - 2202 Views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Tulangbawang Fathoni.

MOMENTUM, Menggala--Satu warga Kabupaten Tulangbawang sempat terkonfirmasi positif terpapar virus korona atau Covid-19. Namun, pasien 01 itu kini telah kembali ke rumah setelah beberapa hari mendapatkan perawatan secara intensif di RSUD Menggala.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, Fathoni mengatakan, pasien 01 terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona telah kembali ke rumah karena sudah dinyatakan sehat.

"Alhamdulillah pasien sudah sehat. Memang sempat positif dari hasil tes swab dari Palembang. Tapi setelah kita tes swab kembali dua kali di Bandarlampung pasien sudah dinyatakan negatif alias sehat," kata dia, kepada harianmomentum.com, Jumat (22-05-2020).

Dia menjelaskan, pasien 01 merupakan warga Kampung Bakungudik, Kecamatan Gedungmeneng. Pasien merupakan seorang santri yang baru saja kembali ke kampung halaman dari menimba ilmu pada Pondok Pesantren di Pulau Jawa. Ia merupakan pasien Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kata Fathoni, pada 7 dan 8 Mei 2020, pasien 01 sempat dilakukan uji sampel swab, lantaran hasil rapid test terhadapnya menunjukan reaktif. Namun, selang 10 hari kemudian hasil uji swab dari Palembang, Sumatera Selatan tidak kunjung keluar.

Sehingga ia berinisiatif untuk melakukan uji swab kembali atas koordinasi dengan Kadiskes Provinsi Lampung pada 18 Mei 2020.

"Kita lakukan lagi uji swab dua kali lalu kita kirim ke provinsi dan hasilnya negatif. Nah, pas tanggal 19 Mei malam hasil uji swab yang kita kirim ke Palembang 10 hari lalu keluar ternyata hasilnya positif. Tapi pasien sudah kita suruh pulang karena hasil uji swab di Bandarlampung pasien negatif dan sehat," katanya.

Dia mengaku, pihaknya telah melakukan tracing terhadap keluarga dan warga sekitar pasien. Dari hasil tracing seluruh kondisi keluarga dan warga tidak menunjukan gejala maupun tanda-tanda terpapar virus corona. 

"Kita sudah lakukan tracing dengan orang yang pernah kontak dengan pasien sejak hasil rapid testnya menunjukan reaktif. Alhamdulillah hasilnya negatif semua," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dan meminimalisasi kegiatan yang tidak penting di luar rumah. 

Selain itu, ia meminta masyarakat agar selalu menggunakan masker ketika bepergian dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Harianmomentum.com, terdapat 43 santri yang kembali ke kampung halamannya pada Senin, 13 April 2020. Lima diantaranya asal Kabupaten Tulangbawang. (**)

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com