Persiapan Pilkada di Desember 2020, KPU Lampung Gelar Rapat Virtual

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Meski dalam pandemi Corona Virus Disease 2020 (Covid-19), namun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap akan digelar. 

Berdasarkan rapat dengar pendapat (RDP) antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (27-5), Pilkada ditetapkan 9 Desember. 

Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengaku telah mengetahui keputusan atau hasil RDP di pusat tersebut.

Bahkan pihaknya berencana menggelar rapat virtual (maya/online) pada Jumat (29-5-2020), guna membahas kesiapan dan persiapan jelang dimulainya tahapan Pilkada 2020.

"Kami di KPU Lampung siap melaksanakan apapun keputusan dari pusat. Namun saat ini kami masih menunggu keputusan resmi dan petunjuk teknis serta arahan dari KPU RI," kata Erwan.

Saat ini, kata Erwan, KPU Lampung dan jajarannya sedang mempersiapkan diri, untuk memulai kembali tahapan Pilkada yang sempat ditunda.

"Besok (Jumat 29-5) rencananya kami akan menyelenggarakan rapat koordinasi virtual dengan KPU kabupaten/kota, sambil menunggu penyusunan tahapan yang masih diuji publik," tuturnya.

Rapat virtual itu membahas banyak hal, salah satunya terkait anggaran Pilkada 2020.

"Delapan KPU kabupaten/kota di Lampung yang akan menggelar Pilkada 2020 kita minta mulai melakukan rekonstruksi perencanaan perubahan anggaran kembali dengan melakukan simulasi kebutuhan anggaran," paparnya.

Tak lupa, kepada semua jajaran penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di provinsi setempat, Erwan pun mengimbau untuk senantiasa memperhatikan protokoler pencegahan Covid-19 dalam melaksanakan rutinitas kerja.

Sebelumnya, hal senada sempat dikatakan Komisioner Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar. Pihaknya pun mengaku siap melaksanakan apapun keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat. Termasuk soal kapan pun kembali dimulainya tahapan Pilkada 2020. (**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Berikan Komentar