Masjid Istiqlal Bandarjaya Dibuka Kembali untuk Jumatan

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosumarto di Masjid Agus Istiqlal Bandajaya. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarjaya--Masjid Agung Istiqlal Bandarjaya, Lampung Tengah, Jumat 29 Mei 2020, kembali digunakan untuk salat berjamaah. 

Masjid yang terletak di Jalan Lintas Sumatera di seberang Pasar Bandarjaya itu sempat ditutup sementara untuk salat Jumat akibat merebaknya wabah virus Corona.

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto ikut berjamaah salat Jumat yang diimami Ustaz Sutikno dengan khotib Ustaz Asmuni. Tampak hadir beberapa kepala dinas dan pejabat setempat.

Sebelum pelaksanaan salat Jumat, Loekman mengapresiasi  masyarakat yang melaksanakan salat Jumat ditengah pandemi Covid 19 dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.

Dibukanya kembali aktifitas ibadah di Masjid Agung Istiqlal, menurut Loeman merupakan keputusan yang beresiko. Apalagi belum ada anjuran pemerintah untuk melaksanakan ibadah di masjid. Namun hal itu dilakukan karena banyak tuntutan masyarakat agar bisa kembali berjamaah di masjid.

Karena itu, bupati meminta seluruh jemaah agar mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Selain itu, dibukanya kemali tempat Masjid Istiqlal ini karena juga terkait dengan rencana pemerintah memberlakukan new normal di seluruh Indonesia.

Loekman mengharapkan bersamaan dengan pemberlakuan new normal, mata rantai  wabah virus Corona juga terputus. Sehingga masyarakat kembali menjalani kehidupan seperti sedia kala.

Pada kesempatan itu, Loekman meminta maaf telah menutup sementara Masjid Istiqlal. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mencegah penularan virus Corona. Mengingat, saat itu menjelang lebaran sementara lokasi masjid berada di tepi jalan lintas Sumatera dan berdekatan dengan pusat perbelanjaan.

Bupati mengajak masyarakat untuk turut mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker bila keluar rumah dan sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan tetap menjaga prilaku hidup bersih dan sehat. (*).

Editor: M Furqon/Rls.

Berikan Komentar