Soal Bantuan Bencana, Warga Kampung DWT Jaya Apresiasi Bupati Winarti

Bupati Tulangbawang Winarti bersama Bupati Lamteng Loemman Djoyosoemarto.

MOMENTUM, Menggala--Warga Kampung Dwiwarga Tunggaljaya (DWT Jaya) mengapresiasi  kinerja Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dalam penanganan dampak  bencana  angin puting beliung.

 

Kepala Kampung DWT Jaya Yusman mengaku bangga dan angkat topi kepada Bupati Tulangbawang. Dalam waktu singkat,  hanya dua hari pasca bencana telah merealisasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk membantu para warga yang menjadi korban bencana tersebut.

 

“Saya salut dan angkat topi sama Bupati Winarti, karena beliau dalam waktu dua hari telah merealisasikan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk masyarakat yang terdampak. Ini namanya kerja sigap, kerja cepat dan kerja tanggap,” ujar Yusman kepada Harianmomentum.com, Jumat (29-5-2020).

 

Pejabat Kakam dua periode yang akrab disapa Babe itu menambahkan, bantuan dana yang dikucurkan untuk rumah rusak berat sebesar Rp10juta, rumah rusak sedang Rp5juta dan rumah rusak ringan Rp2,5juta.

 

Untuk tanggap darurat bencana angin puting beliung, kata Yusman, pihak Pemerintah Kampung dan relawan DWT telah bekerja secara maksimal mulai dari awal sudah melaksanakan perintah dan Intruksi dari Bupati Winarti, yakni segera menyalurkan bantuan berupa kasur dan sembako.

 

“Para warga yang rumahnya rusak telah mendapatkan dana tunai berdasarkan kriteria kerusakannya. Pemkab juga telah menyalurkan dana bantuan dengan sigap dua hari dari kejadian langsung dibagikan,” terang Babe.

 

Bantuan uang tunai itu, lanjutnya, disalurkan tanpa perwakilan yang diserahkan malam itu juga sampai pukul 23.00 WIB. Semua penyaluran bantuan tunai didokumentasikan sebagai bahan laporan pertanggung jawaban kepada Pemerintah.

 

Di sisi lain, Yusman menerangkan, pasca bencana, para donatur berdatangan untuk mendonasikan bantuan dalam berbagai bentuk, seperti sembako, beras, mie instan, air mineral, bahan makanan, material dan kebutuhan lainnya.

 

“Sebelum hari raya bantuan uang dari Pemkab telah kita distribusikan langsung kepada yang terdampak. Bahkan uang dibagikan hingga larut malam. Terkait sembako pun telah didistribusikan setiap hari bahkan sehari bisa tiga kali,” jelasnya.

 

Tak lupa, Kakam yang dikenal low profil ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur dari berbagai pihak, secara kelembagaan maupun perseorangan yang telah terdaftar di Posko Bencana.

 

“Seluruh donatur telah tercatat di Posko Bencana. Kami sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kepeduliannya. Kami mohon maaf, karena keterbatasan tak bisa menyebutkan satu persatu, nama – nama para donatur, karena banyaknya,” pungkas dia. (**)

 

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan

 

Berikan Komentar