Pendaftaran Online, Penerimaan Siswa Baru SD dan SMP Dimulai 15 Juni

Tanggal 01 Jun 2020 - Laporan - 1170 Views
Ilustrasi PPDB./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimulai 15 Juni hingga 2 Juli mendatang. Sistem pendaftaran dilaksanakan secara daring atau online.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Bandarlampung Sukarma Wijaya mengatakan, untuk PPDB dilakukan secara online. Tetapi, tidak ada perubahan secara mekanisme.

"Kami tetap mengantisipasi apabila ada peserta yang kesulitan dalam menggunakan internet, sehingga tetap melayani cara manual yakni, datang ke sekolahan. Namun, mesti sesuai protokol kesehatan," kata Sukarma, Senin (1-6-2020).

Menurut dia, hal itu guna membantu peserta PPDB yang kesulitan menggunakan atau mengakses internet.

"Jika memang tidak mampu menggunakan aplikasi internet, maka akan kami layani. Karena bila dibiarkan akan menimbulkan masalah baru," jelasnya. 

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Bandarlampung telah mengeluarkan surat edaran bernomor 420/1014/IV.40/2020 tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dan penilaian akhir semester.

Dalam surat edaran tersebut, diterangkan kegiatan PPDB PAUD, TK, SD, SMP tahun ajaran 2020/2021 diatur dalam jadwal berikut: untuk pendaftaran PPDB Taman Kanak-kanak (TK) dilaksanakan pada 13 Juni hingga 3 Juli. Kemudian pengumuman tanggal 9 Juli serta daftar ulang dari 9 - 10 Juli.

Sedangkan, untuk Sekolah Dasar (SD) pendaftaran gelombang pertama pada 15 hingga 20 Juni dan pengumuman tanggal 25 Juni serta daftar ulang 26 Juni 2020.

Kemudian, pendaftaran gelombang kedua (bagi yang belum memenuhi kuota) dilaksanakan  pada 27 Juni serta pengumuman dan daftar ulang tanggal 10 hingga 11 Juli 2020.

Jadwal pendaftaran PPDB SMP yakni jalur afirmasi, bina lingkungan, prestasi dilaksanakan pada 29 Juni hingga 2 Juli dan pengumuman 9 Juli 2020. Kemudian daftar ulang tanggal 9 - 10 Juli.

Selain itu, untuk jalur zonasi serta perpindahan orang tua atau wali murid dilaksanakan tanggal 6 hingga 8 Juli, pengumuman 9 Juli serta daftar ulang pada 9 - 10 Juli 2020.(**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yayasan Alfian Husin Bagikan 100 Nasi Kotak k ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Setelah membagikan 100 nasi kotak se ...


Gandeng Gramedia dan FLL, Fakultas Adab UIN G ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Untuk meningkatkan pemahaman akan penti ...


Cegah Kekerasan Seksual, PSGA UIN Raden Intan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Dosen UIN Raden Intan Lampung Syiar Ramadan d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com