Rapit Tes Covid Massal di Pasar Kotaagung, Enam Warga Reaktif

Tanggal 04 Jun 2020 - Laporan - 821 Views
Ilustrasi.Foto. Ist.

MOMENTUM, Kotaagung--Hasil rapit tes Covid-19 secara massal di Pasar Kotaagung, Kabupaten Tanggamus pada Kamis 4 Juni pagi, enam orang dinyatakan reaktif Covid-19.

"Ada 114 orang yang dilakukan rapid tes, enam orang hasilnya reaktif," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus, Taman Prasi. Rapit tes dilakukan terhadap pedagang dan warga yang beraktivitas di Pasar Kotaagung.

Enam orang yang reaktif, kata Taman, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel swab untuk tes PCR (polymerase chain reaction). 

Menurut Taman, keenam warga yang reaktif akan diambil swabnya di Puskesmas Kotaagung. Sampel itu akan dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung. 

Selanjutna, keenam pedagang yang hasil rapit tesnya reaktif, diminta mengikuti protokol kesehatan. Meski kondisinya sehat tanpa keluhan.

"Mereka hanya reaktif, belum pasti positif. Tunggu hasil uji laboratorium. Dan kalau bisa isolasi mandiri dulu," ujar Taman Prasi. 

Menurut dia, kepada enam orang itu sudah diberi pemahaman tentang Covid-19. Termasuk dianjurkan memakai masker, jaga jarak dan melakukan isolasi mandiri. 

Tindakan selanjutnya terhadap keenam warga itu, kata dia, menunggul hasil PCR. "Kami berharap hasilnya negatif," katanya.

Rapid tes Covid-19 secara massal akan dilakukan ke beberapa pasar lain di Tanggamus, seperti Pasar Talangpadang dan Pasar Gisting pada pekan depan. 

Sasaran rapid diutamakan para pedagang dan orang yang beraktivitas perdagangan yang sering keluar masuk antardaerah. 

Bersamaan dengan itu, dilakukan sosialisasi dengan meminta para pedagang dan masyarakat yang belanja di pasar agar memakai masker dan jaga jarak, hindari kerumunan. (*).

Laporan: Galih.

Editor: M Furqon

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com