Lampung Tengah Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Tanggal 06 Jun 2020 - Laporan - 830 Views
Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto (kiri). Foto. Ist.

MOMENTUM, Gunungsugih--Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan dua tahun berturut-turut, LKPD tahun anggaran 2018 dan 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng meraih opini WTP dari BPK RI.

"Kami telah menerima LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) dari BPK RI Perwakilan Lampung. Dalam pelaksanaan pengadministrasian keuangan daerah tahun 2019, Lamteng untuk yang kedua mendapatkan Opini WTP setelah sebelumnya pada 2018," kata Loekman usai video conference penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Lampung di Ruang BJW, Nuwo Balak, Jumat (5-6-2020).

Hasil penilaian itu, menurut Loekman, merupakan kerja tim seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD) di Lamteng. "Ini menunjukkan tingkat kepatuhan yang sudah tinggi dalam pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Loekman menyampaikan beberapa catatan dari BPK RI Perwakilan Lampung atas LKPD Lamteng. Misalnya, masalah penertiban aset. 

"Kita sedikit kesulitan karena aset itu merupakan warisan pemecahan wilayah sebelumnya. Banyak aset yang terdaftar di Lamteng tapi barangnya nggak ada. Inilah kelemahan kita di bidang aset," jelasnya.

Menurut dia, terjadi pengadministrasian aset yang tidak akurat karena pemecahan wilayah. "Kita sulit melacak barang itu di mana. Kalau misalnya ada di Kota Metro dan Lampung Timur tinggal minta keterangan saja. Terbanyak adalah aset randis (kendaraan dinas) roda dua," ungkapnya.

Masalah temuan di Dinas Bina Marga Lamteng, kata Loekman, sudah diselesaikan. "Kalau masalah temuan di Dinas Bina Marga sebanyak Rp413 juta sudah diselesaikan. Jadi kita zero temuan kelebihan pembayaran," tegasnya.

Ketua DPRD Lamteng Sumarsono mengapresiasi diraihnya kembali opini WTP dari BPK atas LKPD Lamteng. "Meskipun ada catatan pada 2019 terkait pengembalian kelebihan pembayaran pengerjaan proyek fisik. Tapi, masalah ini sudah diselesaikan dan sudah dikembalikan," katanya.

Dengan raihan ini, menurut Sumarsono, menunjukkan semua administrasi dalam pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan OPD Lamteng sudah baik. 

"Artinya semua administrasi yang dilakukan OPD Lamteng sudah sesuai, prima, bagus, dan tertib. Sebagai ketua DPRD Lamteng, saya berharap terus ditingkatkan dan lebih prima lagi. Kita targetkan tahun depan kembali meraih Opini WTP," harapnya. (*).

Editor: M Furqon/Rls.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


Polsek Lambukibang Berbagi Takjil untuk Perer ...

MOMENTUM, Lambukibang--Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berbagi ...


Asek THR ASN-THLS Pemkab Lampung Selatan Cair ...

MOMENTUM, Kalianda--Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) m ...


Media Diajak Kawal Pembangunan di Pesibar ...

MOMENTUM, Krui--Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com