Anggota Brimob Lampung Simulasi Bertani Hidroponik

Tanggal 07 Jun 2020 - Laporan - 695 Views
Simulasi proses tanam hidroponik (media tanam air) di Mako Brimob Batalyon A pelopor, Jalan Soekarno Hatta Nomor 01, Bandarlampung./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Keterbatasan lahan di perkotaan bukanlah hambatan untuk melakukan aktivitas pertanian. Salah satunya seperti bercocok tanam dengan sistem pertanian hidroponik (media tanam menggunakan air).

"Hambatan lahan bisa diatasi dengan hasil yang tidak kalah bagusnya dengan sistem pertanian konvensional," ujar Danki 2A Pelopor AKP Moch Sonep didampingi Iptu Andi Sudarto, Danki 1A Pelopor di Batalyon A Pelopor Brimob Polda Lampung, Minggu (7-6-2020).

Menurut AKP Sonep, halaman rumah tidak begitu luas dapat dimanfaatkan menjadi kebun hidroponik dengan memanfaatkan pipa-pipa yang disambungkan melalui drum yang diisi air. "Kalau mau memenuhi kebutuhan pangan sendiri bisa pakai hidroponik ini, lebih sehat dan tanpa biaya besar karena mengunakan peralatan seadanya dan mudah didapat," terang Sonep.

Kelebihan hidroponik, kata dia, selain hemat penggunaan lahan pun bisa tumbuh tanpa ketergantungan pada musim.

Bahkan di tengah masa menuju new normal, Iptu Andi Sudarto menambahkan, tanaman hidroponik sangat bermanfaat untuk membantu biaya sehari hari.

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung Kombes Pol Donyar Kusumadji mengharapkan jajaran Brimob Polda Lampung selalu berinovasi dan berkolaborasi dengan instansi terkait.

"Dalam pengembangan ketahanan pangan hingga dapat bermanfaat bagi personel dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata Donyar. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com