Penambahan 375 TPS, Dedi: Kekurangan Anggaran Sekitar Rp1,5 Miliar

Tanggal 08 Jun 2020 - Laporan - 549 Views
Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triadi. Foto: vaw

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung akan menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota setempat tahun 2020.

Semula, KPU setempat memetakan sekitar 1.325 TPS. Namun lantaran adanya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka setiap TPS dibatasi, maksimal 500 pemilih.

Untuk itu, saat ini KPU setempat memetakan penambahan sekitar 375 TPS se-Bandarlampung. Sehingga total TPS yang ada di kota setempat dipetakan berjumlah kurang-lebih 1.700 TPS.

“Pemetaan TPS awal sebelum Covid-19 berjumlah 1325 dengan rata-rata mata pilih 500-600. Sedangkan untuk saat ini kita pemetaan 1700 TPS dengan rata-rata 400-500 pemilih per TPS nya,” kata Dedi kepada harianmomentum.com.

Hal itu disampaikannya saat diwawancarai usai rapat koordinasi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bandarlampung, Senin (8-6-2020).

Dedi menjelaskan, pembatasan jumlah pemilih di setiap TPS tersebut sesuai keputusan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPU dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). “Maka, disepakati di setiap TPS maksimal 500 mata pilih," ujarnya,

Dedi menjelaskan, jika ada penambahan TPS maka otomatis akan ada penambahan anggaran pelaksanaan pilkada. Dirinci olehnya, kekurangan anggaran tersebut sekitar Rp1,5 miliar.

“Untuk penambahan TPS kita butuh anggaran sekitar Rp1,5 miliar lagi yang masih perlu dibahas kembali dengan TAPD pada pertemuan berikutnya,” sebutnya.

Selain itu, dalam rapat bersama TAPD Kota Bandarlampung KPU setempat juga telah mengajukan pengadaan fasilitas penanggulangan Covid-19.

“Pengajuan KPU untuk kebutuhan APD dan rapid test disetujui akan difasilitasi pemerintah daerah melalui gugus tugas Covid-19,” tuturnya.

Namun terkait jumlah APD, Dedi belum dapat merincinya. Sebab harus disesuaikan dengan jumlah penambahan TPS.

"Untuk jumlahnya masih dalam tahap finalisasi, karena harus disesuaikan dengan jumlah penambahan TPS saat pilkada nanti," jelasnya.(**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agung Chandra W

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nasdem Apresiasi Eva Dwiana Ambil Formulir Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Eva Dwiana akan maju kembali pada pilkad ...


Menyapa Via Medos, Ridho Dikabarkan Mau Nyalo ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Gubernur Lampung Muhammad Ridho F ...


Calon Bupati Pringsewu: Fauzi Unggul, Disusul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Konstelasi politik di Kabupaten Pringsewu ...


Ketua STIT Tanggamus Daftar Calon Wakil Bupat ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pada hari ketujuh penjaringan Bakal Calon ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com