Jumlah Kasus Positif Covid-19 Terendah, Lampung Masuk 10 Besar

Tanggal 09 Jun 2020 - Laporan - 933 Views
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Lampung masuk 10 besar sebagai provinsi dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (Covid-19) terendah di Indonesia.

Berdasarkan data per tanggal 9 Juni 2020, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Lampung ada 148 pasien: 31 masih diisolasi, 11 meninggal dan 106 dinyatakan sembuh.

Secara nasional, Lampung menempati urutan kesembilan sebagai daerah yang memilki kasus terkonfirmasi positif covid-19 terendah.

Untuk urutan pertama ditempati Aceh yang hanya memiliki 20 kasus. Lalu, Bengkulu 92 kasus, Sulawesi Barat 94, Nusa Tenggara Timur (NTT) 103, Riau 120, Kepulauan Bangka Belitung 121, Gorontalo 139, Lampung 148 dan Sulawesi Tengah 159.

Total kasus keseluruhan di Indonesia saat ini sudah mencapai 33.076 pasien positif, 11.414 dinyatakan sembuh dan 1.923 meninggal.

Sebelumnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana, dalam tiga hari terakhir kenaikan kasus terkonfirmasi positif covid-19 setiap harinya tidak terlalu signifikan.

"Dalam beberapa hari ini, kondisi grafik covid-19 sudah mulai flat. Dalam artian tetap ada penambahan (perhari), tetapi hanya satu atau dua orang," jelas Reihana, Minggu (7-6-2020).

Dia menyebutkan jika kondisi tersebut dapat bertahan hingga dua pekan, maka penyebaran covid-19 di Provinsi Lampung sudah dapat dikendalikan.

"Kalau dalam dua minggu ini grafik yang ada tetap flat, Insya Allah Covid-19 bisa dikendalikan. Namun belum bisa kita hentikan, baru dikendalikan saja," jelas Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan. Terlebih bagi masyarakat yang beraktifitas di luar rumah. Berupa memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta membawa handsanitizer dan menjaga jarak.

"Tetap protokol kesehatan itu harga mati. Karena kalau tidak dilakukan, mungkin grafik yang flat itu tidak bisa kita capai. Mari masyarakat kita bersama-sama mengendalikan pandemi di Lampung ini," ajaknya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com