KPU Lampung Rangkul Pemilih Pemula

Tanggal 07 Agu 2017 - Laporan - 937 Views
Peserta Kursus Pemilu II KPU Provinsi Lampung.Foto:Agung Dharma Wijaya.

Harianmomentum--Menjelang Pemilihan gubernur (Pilgub) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung merangkul kalangan mahasiswa dan pemilih pemula untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

 

Komisioner KPU Lampung Divisi Pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Solihin menilai, partisipasi pemilih itu menjadi indikator keberhasilan dalam pemilih.

 

“Kita merekrut agen-agen demokrasi yang tergabung dalam Komunitas Peduli Pemilu,” ujar Solihin kepada harianmomentum, usai Kursus Pemilu II di kantor KPU Lampung Jalan Gajah Mada Bandarlampung, Senin (7/8).

 

Sehingga, dia melanjutkan, mereka mampu melakukan sosialisasi tentang pemilu, kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada setiap pelaksanaan pemilu.

 

Untuk sosialisasi, ia menambahkan, bisa dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan tetangga, sekolah atau kampus, Organisasi Kesiswawaan (OSIS), serta organisasi-organisasi kemahasiswaan.

 

“Jadi bukan hanya peduli, tetapi juga mampu melakukan sosialisasi tentang pemilu yang bisa dimulai dari lingkungan terdekatnya,” tuturnya.

 

Dia menjelaskan, dari kursus pemilu tersebut, nantinya akan dipilih dua orang perwakilan yang akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) di Sentul Jawa Barat, pada 15 sampai 17 Agustus mendatang.

 

Sehingga, dia mengharapkan, mereka bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tambahan tentang pemilu secara nasional.

 

“Setelah terbentuknya komunitas ini, kita akan pilih dua orang yang akan bergabung dengan seluruh Komunitas Peduli Pemilu se-Indonesia,” jelasnya.

 

Dia menjelaskan, untuk Kursus Pemilu II diikuti oleh 36 orang yang terdiri dari organisasi kemahasiswaan dari beberapa universitas di Provinsi Lampung.

 

“Ada juga beberapa dari Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Negeri di Bandarlampung,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, pada Tahap I diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

 

Sementara itu, menurut perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila) Jimmy, dengan adanya Kursus Pemilu yang digelar oleh KPU, sangat berguna bagi masyarakat khususnya para mahasiswa.

 

Karena, dia menilai, banyak mahasiswa dan pemuda-pemuda yang belum mengerti dan memahami arti penting dari pelaksanaan Pemilu.

 

“Melalui kursus ini, kami para mahasiswa dan pemuda bisa lebih mengenal lagi apa itu pemilu, dan untuk apa tujuannya,” tutur Jimmy.

 

Sehingga dia berharap, melalui komunitas peduli pemilu bisa meningkat angka partisipasi terutama dikalangan mahasiswa dan pemuda.

 

“Karena satu suara yang kita berikan bisa menentukan nasib negeri ini untuk lima tahun ke depan,” pungkasnya.(adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jemput Kemenangan Pilkada 2024, Golkar Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menyiapkan strategi, sumber daya manusia ...


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


KPU Metro Sosialisasi Tahapan Pemilihan Guber ...

MOMENTUM, Metro--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menjelas ...


Mantan Sekda Ikut Daftar Balon Bupati Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ingin lebih berkontribusi membangun Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com