Lakukan PDPB, KPU Sambangi Kodim 0412 Lampura

Tanggal 18 Jun 2020 - Laporan - 711 Views
Kunjungan kerja komisioner KPU ke Kodim 0412 Lampura.

MOMENTUM, Kotabumi--Melaksanakan pemutahiran data pemilih berkelanjutan (PDPB), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara mengunjungi Komando Distrik Militer (Kodim) 0412 kabupaten setempat.

Kunjungan itu dihadiri Ketua KPU Lampura Aprizal Ria berserta jajaran yakni Yansen Atik, Mat Ahir dan Yudi Saputra disambut langsung oleh Dandim 0412, Letkol Inf Krisna Pribudi, di ruang kerjanya, Kamis (18-6-2020).

Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria mengatakan, PDPB merupakan terobosan dari KPU-RI melalui Surat Edarannya nomor 181/PL.02.1-SD/KPU/II/2020 yang merujuk pada undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017.

Dalam surat edaran itu, KPU baik provinsi maupun kabupaten/kota wajib melakukan PDPB berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil serta stakeholder lainnya termasuk jajaran TNI/Polri.

"Kedatagan kita selain bersilaturahmi dan berkordinasi sekaligus meminta data anggota TNI yang telah memasuki usia pensiun ataupun anggota TNI yang baru untuk kita cocokkan dalam pendataan daftar pemilih," terang Aprizal.

PDPB, lanjut Aprizal adalah upaya memvalidasikan daftar pemilih tetap (DPT) secara terus menerus untuk digunakan pada Pemilu selanjutnya.

"DPT merupakan hal yang krusial dalam pemilu. Kita tidak ingin terjadi kekisruhan perihal DPT menjelang pemilihan. Walaupun gonjang-ganjing nantinya ada tetapi setidaknya kita meminimalisasi jauh-jauh hari dengan tetus mengupdate secara berkelanjutan," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0412 Letkol Inf Krisna Pribudi menyambut baik atas kunjungan dan koordinasi yang dilakukan KPU.

Dia mendukung langkah-langkah yang dilakukan KPU dalam upaya PDPB. "Kalau soal data anggota yang masuk usia pensiun maupun yang baru menjadi anggota TNI, itu ada di bagian personalia," ujarnya.

Jadi, silahkan saja nanti pihak KPU memintanya kebagian itu, pasti diberikan. "Intinya kami jajaran TNI siap mendukung dan membantu tugas-tugas KPU sesuai dengan aturan dan perundang-undangan," ucap perwira dua melati itu.(**)

Editor: Agus Setyawan/rls

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


KPU Metro Sosialisasi Tahapan Pemilihan Guber ...

MOMENTUM, Metro--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menjelas ...


Mantan Sekda Ikut Daftar Balon Bupati Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ingin lebih berkontribusi membangun Kabupa ...


Nasdem Lampung Bulat Dukung Herman HN Maju Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Nasdem Lampung akan mendukung dan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com