Gubernur Dukung Pengembangan Geothermal di Tanggamus

Tanggal 18 Jun 2020 - Laporan - 748 Views
Gubernur Lampung, H Arinal Djunaidi (kiri) saat kunjungan kerja ke PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) area Ulubelu.

MOMENTUM, Ulubelu--Gubernur Arinal Djunaidi mendukung pengembangan energi panas bumi (Geothermal) di Kabupaten Tanggamus.

Hal itu disampaikan dlam kunjungan kerja Gubernur Lampung ke PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus, Kamis (18-6-2020).

Gubernur menyampaikan dukungan penuh pada PT PGE sebagai pengembang panas bumi. Dengan kapasitas 220 Mega Watt (MW), PT PGE Ulubelu saat ini memiliki empat unit Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sehingga mampu berkontribusi sebanyak 25 persen kebutuhan listrik di Provinsi Lampung.

“Saya berharap sebagai industri strategis dan penting, PGE dapat memberikan manfaat sebesar-besar bagi masyarakat, tidak hanya energi listrik, tapi juga mengembangkan masyarakat,” ujar Gubernur Arinal.

Tidak hanya panas bumi, lanjut Gubernur, Tanggamus ini merupakan daerah pertanian yang luar biasa jika dikembangkan dan dikelola dengan baik. Maka, penting adanya sinergi antar pihak yang tepat.

General Manager PT PGE Ulubelu, Mawardi Agani mengucapkan terima kasih ats kunjungan Gubernur Lampung H Arinal Djunaidi. Dia juga menyampaikan PT PGE Area Ulubelu telah melakukan berbagai program CSR untuk kepentingan masyarakat setempat.

"Salah satunya pemberdayaan masyarakat lewat budidaya kambing saburai yang sangat baik di Kabupaten Tanggamus, serta pengembangan kelompok kopi di Ulubelu," ujar Mawardi.

Dalam kunjungan tersebut, PT PGE Area Ulubelu disaksikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi dan Bupati Dewi Handajani melaksanakn pemberian bantuan secara simbolis pada kelompok pembudidaya ikan air tawar yang diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi pada masyarakat.

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, Gubernur Arinal Djunaidi juga melakukan kunjungan ke Kelompok Tani Kopi Beloe yang juga binaan PT PGE Area Ulubelu.

Sementara itu, Bupati Dewi Handjani berharap agar tercipta sinergi antara masyarakat, perusahaan dan pemerintah, untuk menciptakan Tanggamus yang berdaya saing, seperti program pembinaan kelompok Kopi Beloe ini.

"Kami berharap PT PGE terus melakukan program-program yang mampu membuat masyarakat mandiri secara ekonomi dan berdaya saing. Agar kopi Ulubelu bisa terkenal di Indonesia,” tambah Dewi.(**)

Laporan: Galih
Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


Sejumlah Program Pembangunan di Pardasuka Dir ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu pada anggar ...


Pelunasan Bipih tahap II Ditutup, 106 Jemaah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com