Burhanuddin: Mengemban Amanah Reformasi

Tanggal 19 Jun 2020 - Laporan - 843 Views
Anggota DPRD Kabupateen Tanggamus Burhanuddin (tengah)

MOMENTUM, Kotaagung--Panggung politik bukan hal baru bagi Burhanuddin. Pria kelahiran 21 Agustus 1995 itu sudah terjun ke politik pada tahun 1997. Di awal masa reformasi itu, dia bergabung dengan Partai Amanat Nasional yang dibesut Amin Rais.

Sebelum terjun ke jalur politik, ayah enam anak itu menekuni profesi sebagai pedagang di Pasar Kotaagung, Kabupaten Tanggamus.

"Waktu itu sedang masa reformasi. Percaturan politik nasional sedang mengalami perubahan besar. Saya melihat arah perjuangan Partai Amanat Nasional yang mengusung semangat nasionalisme untuk menegakan kedaulatan rakyat, keadilan sosial dan kesejahteraan berdasarkan nilai-nilai agama, sangat sejalan dengan arah reformasi. Karena itu, saya bergabung dengan PAN," kata Burhanuddin.

Pemilu tahun 2009, suami dari Isnawati maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Tanggamus dan terpilih. Sempat jeda satu priode, tahun 2019 Burhanuddin kembali terpilih sebagai anggota DPRD Tanggamus.

"Saya melihat, amanah reformasi belum sepenuhnya dapat terwujud dalam berbagai aspek program pembangunan. Karena itu, saya memutuskan untuk kembali maju sebagai calon anggota legislatif. Alahamdulillah, masih diberikan kepercayaan oleh masyarakat,  untuk mengemban amanah di DPRD Tanggamus periode 2019-2024," ungkapnya.

Menurut dia, salah satu amanah reformasi adalah pemerataan pembangunan di segala bidang. Faktanya, itu belum maksimal dilakukan, khususnya di Kabupaten Tanggamus.

"Pembangunan pro rakyat itu salah satu amanah reformasi. Salah satu bentuknya adalah pemerataan pembangunan di segala bidang. Kondisi itu, belum sepenuhnya terwujud di Kabupaten Tanggamus," ungkapnya.

Program pembangunan di Kabupaten Tanggamus, lanjut dia, masih belum merata. Cenderung terfokus pada kawasan tertentu.  Pencapaian pembangunan di wilayah pedesaan, masih sangat tertinggal dibanding kawasan pusat pemerintahan kabupaten.

"Bisa kita lihat, pembangunan sarana infrastruktur. Sebut saja jalan di wilayah terpencil masih sangat minim. Itu yang harus kita benahi bersama," terangnya.

Lewat kursi DPRD, Burhanuddin bertekad terus menyuarakan amanah reformasi. Mendorong, bila perlu mendesak pemerintah daerah, agar lebih gencar melakukan pemerataan pembangunan di segala bidang.

"Saya akan terus mendesak pemerintah, menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pelayanan dasar pada masyarkat, seperti: jalan, sarana pendidikan dan kesehatan. Termasuk mempermudah alur pelayanan birokrasi kepemerintahan," jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, tentu diperlukan sinergi dan koordinasi yang erat antar seluruh elemen.

"Mewujudkan amanah reformasi itu, butuh kebersamaan. Sinergi yang kuat antar seluruh elemen. Lewat lembaga DPRD, semua itu akan saya perjuangkan sekuat tenaga," tegasnya. (jal/mnz)

Biodata 

Nama:  Burhanuddin 

Agama:  Islam

Kelahiran:  Kotaagung,  21 Agustus 1965

Pendidikan:  SMA 

Jabatan:  Anggota DPRD Tanggamus  Anggota Komisi III

Partai  Politik:  PAN

Istri : Isnawati

 Anak : 1. Santi Dinalis

             2. Sinta Dinalis

             3. Refli Dinata

             4. Reza Dinata

             5. Rendi Dinata

             6. Intan Putri Dinalis

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com