Selain Labkesda, PCR di RSUAM dan BBPOM Segera Dioperasikan

Tanggal 22 Jun 2020 - Laporan - 2188 Views
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Lampung Reihana

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera mengoperasikan tiga alat polymerase chain reaction (PCR) untuk melakukan tes swab guna mendeteksi corona virus disease 2019 (covid-19).

Ketiga alat PCR itu berada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM) dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM).

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Lampung Reihana, Senin (22-6-2020).

Reihana menjelaskan untuk mempercepat pemeriksaan swab pasien, akan segera menambah penggunaan dua alat PCR di RSUAM dan BBPOM. Sehingga, dalam waktu dekat ada tiga PCR yang akan dioperasikan untuk pemeriksaan swab bagi pasien-pasien covid-19 di lampung.

"Ya ada tiga PCR. Sebenarnya ada satu lagi, di Balai Veteriner. Tapi yang di Balai Veteriner itu yang meminta izin ke Kementerian Kesehatan harus dari Kementerian Pertanian," tuturnya.

Sedangkan untuk PCR yang di RSUAM sudah mendapatkan username dan password dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan pemeriksaan swab.

"Sudah (ada username dan password). Tapi mereka masih menunggu regent. Jadi belum bisa melakukan pemeriksaan," terang Kepala Dinas Kesehatan Lampung itu.

Sementara untuk PCR di BBPOM, Reihana mengatakan masih menunggu izin dari Kemenkes. Jika telah mendapat username dan password, maka sudah bisa dioperasikan.

"Tergantung izin nanti kalau sudah dapat username dan password baru bisa masuk ke all record data (perekaman data menyeleruh," terangnya.

Meski demikian, dia menyatakan, untuk swab yang akan dilakukan pemeriksaan menunggu dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. "Swabnya tetap dari kita. Nanti akan kita bagi. Mana yang ke Labkesda, RSUAM dan BBPOM," tutupnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com