Lampung Selatan Jajaki Kerjasama dengan PTPN VII

Tanggal 23 Jun 2020 - Laporan - 938 Views
Direktur PTPN VII Doni P. Gandamihardja dan Bupati Lamsel Nanang Ermanto. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menjajaki kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII untuk mendirikan rumah sakit.

Hal itu disampaikan Nanang saat menerima kunjungan Direktur PTPN VII Doni P. Gandamihardja di Kantor Bupati Lamsel di Kalianda, Selasa (23-6-2020). 

Menurut Nanang, Pemkab Lamsel berencana membangun rumah sakit daerah untuk melayani masyarakat yang berada di wilayah utara Lamsel. Untuk itu, dia meminta PTPN VII menghibahkan lahannya di Kecamatan Tanjungbintang.

“Kami akan membangun rumah sakit daerah di wilayah utara. Lokasinya sekitar Tanjungbintang. Kami berharap PTPN VII bisa menghibahkan sedikit lahan untuk keperluan itu. Kalau tidak bisa hibah, ya minimal bisa berkerjasama,” kata dia.

Selain itu, pertemuan itu juga membahas masalah PTPN VII. Seperti masalah keamanan, penyelesaian sengketa lahan, hingga soal corporate social responsibility (CSR). Namun demikian, Nanang memahami kondisi PTPN VII yang sedang kurang sehat akibat iklim usaha agro yang sedang mendung.

Menanggapi hal itu, Doni P. Gandamihardja menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan Nanang. PTPN VII bisa mengakomodasi berbagai bentuk kerjasama dengan pihak ketiga, termasuk pemerintah daerah, dengan sejumlah persyaratan. Namun untuk pemindahan hak aset, kata dia, kewenangan ada pada pemegang saham.

“Kalau untuk bentuk kerjasama, kami sebagai operator bisa mengambil keputusan-keputusan strategis, tetapi tetap mengacu kepada kondisi perusahaan dan aturan lainnya. Tetapi kalau pengalihan hak aset, terutama lahan, itu kewenangan holding (PTPN III Holding Company),” katanya.

Selanjutnya, Doni mengatakan PTPN VII sedang konsentrasi untuk memperbaiki kinerja guna menyehatkan perusahaan. Perbaikan secara menyeluruh di internal menjadi fokus. Dan lebih spesifik lagi kepada proses penggalian produksi.

Namun demikian, pihaknya dalam rangka recovery juga membuka bentuk kerja sama dengan pihak ketiga. Ia menyebut setidaknya ada dua kerja sama dengan pihak ketiga dalam upaya peningkatan manfaat aset. 

Yakni, kerja sama pengelolaan kebun dan pabrik teh milik PTPN VII di Pagaralam, Sumatera Selatan dan pengelolaan pabrik kelapa sawit di Talopino, Bengkulu.

“Dalam rangka optimalisasi aset, kami kerja sama dengan PT Chakra untuk mengelola teh di Pagaralam. Juga ada pengelolaan pabrik kelapa sawit di Talopino Bengkulu dengan PT Bengkulu Sawit Lestari (BLS),” kata dia.

Pada kesempatan itu, Doni memperkenalkan diri sebagai Direktur PTPN VII yang baru dilantik akhir Mei 2020, bersama tiga Senior Executive Vice President (SEVP).

“Kami perlu melaporkan kepada Pak Bupati. Susunan Direksi di PTPN VII sekarang berubah. Kalau dulu ada direktur utama dibantu beberapa direktur bidang, sekarang hanya ada satu direktur dibantu tiga SEVP. Strata SEVP sama dengan direktur bidang, hanya beda sebutan dan pola atau garis kordinasinya saja,” kata Doni.

Doni langsung mengenalkan tiga SEVP. Yakni, Okta Kurniawan sebagai SEVP Business Support, Fauzi Omar sebagai SEVP Operation I yang mengurusi komoditas kelapa sawit dan teh, serta Dicky Tjahyono sebagai SEVP Operation II dengan komoditas karet dan tebu. 

Usai audiensi, jajaran Direksi PTPN VII mengunjungi Pantai Teluk Nipah yang berada di Kalianda. Lahan yang berupakan bagian dari Kebun Karet Unit Bergen Afdeling Kalianda itu potensial untuk pengembangan pariwisata.

Masih dalam areal Afdeling Kalianda, Doni dan kawan-kawan juga menginspeksi operasional PT Optima Nusa Tujuh (ONT), anak perusahaan PTPN VII yang mengeksploitasi batu basal. Deposit batu hitam di lokasi ini sangat besar sehingga bisa dioptimalkan agar menjadi sumber pendapatan perusahaan. (*).

Laporan: Nur/rls.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com