Ketua Dekranasda Luncurkan Sarung Pelangi Belah Ketupat Khas Tanggamus

Tanggal 25 Jun 2020 - Laporan - 805 Views
Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal luncurkan sarung tradisional khas Tanggamus. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kotaagung--Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meluncurkan kain sarung Pelangi Belah Ketupat, produk kerajinan tradisional khas Kabupaten Tanggamus.

Peluncuran berlangsung di Taman Wisata Air Terjun Waylalaan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (25-6-2020). Disaksikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani, sejumlah pejabat setempat dan perajin.

Riana memuji kreatifitas perajin di Tanggamus seraya mengharapkan peluncuran sarung Pelangi Belah Ketupat menambah kekayaan seni dan budaya Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung.

Pada kesempatan itu, dia juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli produk daerah dan produk dalam negeri. Para perajin dan usaha kecil diminta menggunakan bahan lokasi. 

Dengan demikian, program bela beli produk UKM dapat terealisasi. Apalagi produk dari UKM, menurut dia, tidak kalah kualitasnya dibandingkan produk lain.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan peluncurkan produk dan kehadiran Ketua Dekranasda Lampung menjadi penyemangat perajin untuk terus meningkatkan kualitas produknya.

Menurut Dewi, Tanggamus dengan 20 kecamatan, didukung dengan berbagai potensi alam, laut dan budaya, terus berbenah. Ke depan diharapkan Tanggamus semakin maju.

Sarung Pelangi Belah Ketupat merupakan salah satu kekayaan budaya Tanggamus yang sebagian wilayahnya merupakan masyarakat pesisir. Bupati berharap produk tersebut akan diminati masyarakat Lampung dan bisa bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Serahkan Bantuan Sembako


Pada kunjungan ke Tanggamus, Riana juga menyerahkan ratusan paket sembako dan masker kepada perajin, warga berkebutuhan khusus, kader Posyandu, UP2K dan masyarakat.

Selain itu, Riana mengatakan, Provinsi Lampung memborong tiga juara sekaligus dalam Lomba Video Inovasi Daerah Tatanan  New Normal. Yaitu, Juara 1. Sektor Rumah Makan, Juara 2. Sektor Pasar Modern, Juara 3. Sektor Pasar Tradisional. Semua itu tidak lepas dari kerja keras Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung, dukungan para bupati/walikota serta peran masyarakat Lampung.

Memasuki new normal (kebiasaan baru), Riana Sari mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan, di rumah saja, sedia hand sanitizer, bila kemana-mana jangan lupa pakai masker, tetap jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir, setibanya di rumah langsung mandi, tidak bersalaman dulu. 

Riana Sari juga mengajak kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah dan selalu berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu. (*)

Laporan: Nurjanah/Rls.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com