Ribuan Rumah Sakit Belum Terakreditasi

Tanggal 09 Agu 2017 - Laporan - 971 Views
Ilustrasi/Net

Harianmomentum--Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mengungkapkan baru sebanyak 1.032 dari sekitar 2.700 rumah sakit di Indonesia yang telah terakreditasi.


"Baru separuh rumah sakit di Tanah Air, baik rumah sakit swasta maupun pemerintah yang sudah terakreditasi. Jumlah sebanyak itu untuk semua akreditasi mulai dari tingkatan dasar hingga utama," jelas Ketua Eksekutif KARS Dr. Sutoto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/8).


Menurutnya, untuk rumah sakit tipe C dan tipe D banyak mendapatkan akreditasi dengan strata dasar atau perdana. Sedangkan untuk tipe A dan B strata yang didapat adalah paripurna.

"Sebagian rumah sakit di Tanah Air banyak yang tipe C dan D," kata Sutoto.  

Dia menambahkan, masih banyaknya rumah sakit yang belum melakukan proses akreditasi disebabkan kendala administrasi, seperti pergantian manajemen dan sebagainya.

Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Dr. Kuntjoro Adi Purjanto mengatakan, banyak rumah sakit belum terakreditasi karena kesulitan mengaplikasikan sebanyak 1.353 elemen setiap hari. Selain itu juga masalah sumber daya manusia, terutama klinik yang hanya memiliki dua atau tiga dokter.

Dengan jumlah sumber daya manusia yang sedikit, maka tidak mudah menerapkan semua elemen yang telah ditetapkan oleh KARS. PERSI sendiri telah melakukan pemetaan sumber daya manusia dan hasilnya tenaga medis banyak yang berkumpul di regional satu yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Untuk proses akreditasi banyak yang harus disiapkan terutama dalam bidang infrastruktur," tambah Kuntjoro. (wah/rmol)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com