Anggaran Penanganan Covid-19, Disesuaikan dengan Kebijakan Pusat

Tanggal 30 Jun 2020 - Laporan - 897 Views
Kepala Dinkes Tuba Fatoni dan Kepala Dinkes Provinsi Lampung Reihana. Foto. Ist.

MOMENTUM, Menggala--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana penangaan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni, didampingi Sekertaris Lasmini, mengatakan upaya tersebut dilkaukan dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia pada tahun 2020, baik yang ada di APBD maupun APBN.

Menurut Fatoni, dana dari APBN berupa dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan merupakan salah satu anggaran yang dipertahankan untuk digunakan yang disesuaikan kebutuhan pencegahan dan penanganan covid-19.

“Pemkab Tulangbawang mengambil langkah cepat untuk penyediaan anggaran pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Tulangbawang dengan melakukan pergeseran mendahului perubahan  APBD-2020 SKPD Dinas Kesehatan sejumlah Rp5,9 miliar,” jelas Fatoni kepada harianmomentum.com. Selasa (30-6-2020).

Anggaran tersebut, lanjut Fatoni, dialokasikan untuk jenis transportasi dan akomodasi tim, pengadaan bahan habis pakai berupa obat, alkes, APD dan sarana prasarana lain yang diperlukan dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Sampai saat ini realisasi anggaran tersebut sudah lebih dari 50 persen.

Menurut dia, pergeseran anggaran dilakukan dengan tetap mempertahankan anggaran Dinas Kesehatan terkait dengan 25 program BMW. Seperti pengadaan ambulancs untuk kampung, insentif dan transportasi kader kesehatan. "Walaupun volume kegiatan tersebut dipertimbangkan untuk dikurangi,” paparnya.

Sedangkan pemenuhan sarana dan prasarana puskesmas dan jaringan yang bersumber dari DAK, tetap dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Seperti pengadaan alat kesehatan untuk 18 puskesmas, pengadaan mobil ambulancs untuk tiga puskesmas, pengadaan unit mobil promosi kesehatan, pengadaan unit mobil ambulancs PSC, pemeliharaan atau rehap tiga puskesmas.

“Pelaksanaan kegiatan tersebut saat ini dalam proses tender, dan pengiriman barang untuk kegiatan yang melalui metode e-perchusing,” tandasnya. (*).

Laporan: Abdul Rohman.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com