KPU Waykanan Siapkan Coklit Pilkada 9 Desember

Tanggal 09 Jul 2020 - Laporan - 713 Views
Raker bersama persiapan Coklit di Kabupaten Waykanan.

MOMENTUM, Waykanan--Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Waykanan menggelar rapat kerja guna menyiapkan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih pada Pilkada 9 Desember 2020.

"Rapat kerja (Raker) dilaksanakan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 14 kecamatan," ujar Ketua KPU Refki Dharmawan di aula KPU Waykanan, Kamis (9-7-2020).

Menurut dia, raker bersama ini dilaksanakan untuk mempersiapkan pelaksanaan Coklit daftar pemilih dari 14 kecamatan.

"Persiapan meliputi penetapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), materi terkait coklit, tata cara serta bimbingan teknis untuk petugas yang harus memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kordiv Program dan Data I Gede Klipz Darmaja menambahkan, saat coklit nanti, PPDP akan mendatangi rumah warga dengan membawa daftar pemilih A-KWK.

"Petugas akan mencocokan dengan KK dan KTP warga lalu mencatat apabila adanya perubahan maupun ketidaksesuaian data pemilih dengan kode tertentu," ujar dia.

Dia juga menyebutkan, PPK dikumpulkan dalam rangka menjamin tersampaikannya teknis pencoklitan secara detail hingga tata cara pengisian dokumen. "Ini kita lakukan agar PPDP bisa bekerja maksimal, tertib dan cermat dalam mencoklit," paparnya.

Kegiatan coklit juga memerlukan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk pro aktif. Pada 15 Juli 2020, KPU Republik Indonesia akan melaksanakan "KLIK SERENTAK" kepada seluruh penyelenggara dan masyarakat untuk mengecek data diri melalui laman resmi http://lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

"Apabila masyarakat belum terdaftar dapat segera melapor kepada PPK, PPS dan PPDP sesuai domisilinya masing-masing," pungkasnya.(**)

Laporan: Novita

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com