Gugus Tugas Metro Berdayakan Kampung Tangguh Mandiri

Kampung tangguh mandiri penanggulangan Covid-19 di Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur.

MOMENTUM, Metro--Gugus Tugas Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Metro akan memberdayakan kampung tangguh mandiri penanggulangan penyakit di Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur.

"Sejak 30 Juni 2020 kemarin, personel TNI dan Polri sudah ditarik. Jadi kita bentuk tim dari pemkot dan memberdayakan kampung tangguh untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Metro, Nasir AT, Senin (13-7-2020). 

Nasir menjelaskan, kampung tangguh mandiri penanggulangan Covid-19 terdiri dari para relawan yang akan memberikan edukasi kepada masyarakat seputar protokol kesehatan persiapan new normal. 

"Jadi lebih mengedepankan peran serta masyarakat. Kampung tangguh itukan dari relawan, jadi mereka akan mengingatkan masyarakat lainnya untuk mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Menurut dia, antar masyarakat saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan, maka Covid-19 bisa dicegah.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan Kampung Tangguh mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. 

"Kalau ditegur sama tetangga itukan lebih kena. Ibaratnya dibentuk agar ketika keluar rumah tak pakai masker akan malu hati, karena dilingkungan sekitar pakai masker semua," paparnya.

Nasir menambahkan, tim dari Pemkot Metro juga akan melakukan patroli untuk memantau masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan. 

"Kalau dibilang 100 persen sudah sadar belum. Karena kadang masih ada yang tidak patuh, tetapi tim dari kita akan keliling untuk mengedukasi masyarakat mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.(**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Agus Setyawan

Berikan Komentar