Ditlantas Gelar Operasi Patuh Krakatau pada 23 Juli-5 Agustus

Silaturahmi Ditlantas Polda Lampung dengan pers. Foto. Iwd.

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung akan gelar Operasi Patuh Krakatau guna meningkatkan kepatuhan dalam berkendara. Operasi berlangsung sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik mengatakan Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera, banyak potensi permasalahan.

"Khususnya lalulintas, dan ditambah lagi kurang disiplinnya masyarakat dalam berkendara," ujarnya di kantor Ditlantas Polda Lampung, Rabu (15-7-2020).

Donny menuturkan, dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan di jalan, Ditlantas Polda Lampung akan melaksanakan Operasi Patuh krakatau 2020.

Operasi yang dilaksanakan pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 tersebut, diharapkan masyarakat patuh terhadap tertib lalulintas, dibarengi dengan adaptasi kebiasaan baru yakni dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Donny, kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari itu berbeda dengan operasi patuh sebelumnya. "Saat ini situasi pandemi, jadi operasi juga bertujuan memutus rantai penyebaran, meski Lampung bukan wilayah PSBB tapi kita harus waspada," ucapnya.

Donny melanjutkan, kegiatan operasi patuh ini akan menerapkan tiga pendekatan yakni preemtif (edukasi) 40 persen, preventif (pencegahan) 40 persen, dan represif (penindakan) 20 persen.

"Kami juga akan melalukan kegiatan pemantauan di Angkutan umum, pakai masker atau tidak, penumpang tidak lebih dari 50 persen, dan tetap jaga jarak," bebernya.

Terkait pelanggaran yang akan ditindak, lanjut Donny, adalah pelanggaran yang dilihat dari evaluasi angka pelanggaran yang sering terjadi.

"Diantaranya surat menyurat, SIM dan STNK, helm dan melawan arus," sebutnya.

Lebih lanjut dia mengingatkan kepada masyarakat yang memanfaatkan jalan untuk kegiatan agar bisa melakukan koordinasi.

"Seperti kenduri, diarahkan untuk tidak mendadak, kalau memang terpaksa digunakan untuk bisa koordinasi pihak kepolisan, jangan sampai karena digunakan kegiatan keramaian akhirnya membatasi lawan arus," ungkapnya.

Sementara Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra mengungkapkan, adaptasi baru yang akan dilaksanakan pada operasi krakatau adalah bagaimana mengawali hidup dengan pola baru.

"Pola baru 3M yang dimaksud disini adalah menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," katanya. (*).

Laporan: Irawidya.

Editor: M Furqon.

Berikan Komentar