Pencoklitan Dimulai, KPU Bandarlampung Gelar Apel Serentak 1700 PPDP

Tanggal 18 Jul 2020 - Laporan - 865 Views
Apel PPDP di halaman Kantor KPU Bandarlampung. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menggelar apel serentak Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), Sabtu (18-7-2020).

Apel menandakan dimulainya tugas PPDP dalam melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

“Total ada 1.700 PPDP se-Bandarlampung yang melakukan pencoklitan,” kata Komisioner KPU Bandarlampung Hamami, Sabtu (18-7-2020).

Hamami menuturkan, apel PPDP dilangsungkan di masing-masing kelurahan. Namun khusus untuk Keluruahan Sukarame, apel dilakukan di Kantor KPU kota setempat.

“Sebab kalau mau kita kumpulkan jadi satu terlalu banyak, total 1.700 PPDP. Maka kita buat agenda apel serentak namun di masing-masing kelurahan,” jelasnya.

Dalam melaksanakan tugas, PPDP dibekali alat perlindungan diri (APD) untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita kedepankan protokoler kesehatan. Jangan sampai ada penyelenggara kita yang terjangkit covid-19,” harapnya.

Setiap PPDP, menjalankan tugas pencoklitan selama satu bulan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Honor PPDP

Sebelumnya Hamami menyebut, setiap PPDP berhak menerima honor di akhir masa pencoklitan.

“Setiap PPDP mendapat honor sekitar Rp800 ribu untuk menyelesaikan pencoklitan data pemilih di masing-masing TPS,” jelasnya.

Menurut Hamami, honor tersebut berlaku untuk seluruh PPDP di kota setempat. “Tidak ada perbedaan honor antara wilayah A dan B. Selagi masih di Bandarlampung,” terangnya.

Hamami menekankan PPDP untuk melaksanakan tugas dengan baik. Dia pun mengimbau PPDP untuk tidak sungkan melapor kepada KPU setempat jika mengalami kendala atau persoalan di lapangan.

“Termasuk honor, kalau sampai ada perbedaan antara wilayah A dan B, silahkan laporkan ke kami. Kalau perlu kepada polisi,” tegasnya.

encocokan dan penelitian (Coklit) yang di gelar seretak pada tanggal 18 Juli 2020 ini, menjadikan para Petugas Pemutahurab Data Pemilih (PPDP) Gunung Sulah Wayhalim semakin berkorbar jiwa nya dalam mensukseskan pilwakot 2020.

PPK Wayhalim

Terpisah, Ketua Panitia Pemelihan Kecamatan (PPK) Wayhalim Candra Atmiral mengatakan, apel serentak atau upacara pelepasan PPDP di wilayahnyatelah dilaksanakan.

"Hari ini (Sabtu, red) kita telah melepas PPDP di kelurahan masing-masing. Pelepasan didampingi korwilnya masing-masing,” kata dia.

Menurut Candra, dalam mencoklitan PPDP di wilayah setempat tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19, dan memakai atribut lengkap PPDP. “Tunggu kami datang ke kalian ya, warga Wayhalim," serunya.

Lebih lanjut Candra menuturkan, setelah pelepasan PPDP pihaknya sempat mengunjungi mantan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Politisi Senior Lampung M. Alzier Dianis Thabranie yang kediamannya di wilayah kecamatan setempat. Tujuannya untuk mendengar saran dan masukan dari keduanya. Selain itu, pihaknya pun sempat mengunjungi penyandang disabilitas di Kelurahan Gunung Sulah.

"PPDP didampingi Komisioner KPU Bandarlampung Ibu Ika, PPK, Panwascam, PPS, PK, turun langsung mencoklit agar semua warga dapat menentukan hak pilih nya pada 9 Desember ini," jelasnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi Ambil Formuli ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah di PDIP, Fajar Fakhlevi, mantan Ko ...


KPU Metro Sosialisasi Tahapan Pemilihan Guber ...

MOMENTUM, Metro--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menjelas ...


Mantan Sekda Ikut Daftar Balon Bupati Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ingin lebih berkontribusi membangun Kabupa ...


Nasdem Lampung Bulat Dukung Herman HN Maju Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Nasdem Lampung akan mendukung dan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com